Diklaim Berkualitas Baik, Harga Pakan Ternak Sinta BR-21 Rp10 Ribuan per Kg

Harga, pakan, ternak, Sinta, BR21, BR-21, ayam, peternak, komoditi, produk, produksi, PT Sinta Prima Feedmill, pur, pelet, merek, di, pasaran, jagung, kenaikan, penyaluran, Kementerian Pertanian, Kementan, Jawa Timur, kondisi, bahan, baku, pedaging, broiler, telur, program, proses, Bulog, makanan, per, kg, kilogram,Pakan ayam pedaging, Sinta

adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan bagi seseorang yang menekuni bisnis , termasuk pedaging (broiler). Untungnya, saat ini tidak sulit menemukan makanan khusus pedaging, atau sering disebut dengan pur (pelet). Ada banyak merek ternak di pasaran, salah satunya BR21 buatan PT Sinta Prima Feedmill, yang dijual dengan harga mulai Rp10 ribuan per kilogram.

Pakan Sinta BR termasuk dalam kategori pakan ayam pedaging. Setidaknya, ada lima varian pakan Sinta BR, yaitu BR-21F, BR-21, BR-1, BR-22, dan BR-2. Jika BR-21F, BR-21, dan BR-22 tersedia dalam bentuk komplit butiran, maka jenis BR-1 dan BR-2 tersedia dalam bentuk komplit tepung.

PT Sinta Prima Feedmill sendiri merupakan sebuah grup yang bergerak di bidang perikanan dan peternakan. Salim Soewanto dan Liliyanti Soewanto sebagai pendiri Sinta, memulai bisnis peternakan dan produksi pakan ikan unggas sederhana di akhir tahun 1960. Kemudian, mendirikan PT Sinta Prima Feedmill pada tahun 1982 silam yang bertahan sampai sekarang.

Hingga saat ini, perusahaan Sinta Prima Feedmill memiliki lima produk pakan ternak, mulai dari pakan ikan, pakan ayam pedaging, pakan ayam petelur, pakan ayam kampung, dan pakan burung puyuh.

Khusus untuk ayam pedaging, pakan Sinta dikatakan telah memenuhi proses tumbuh kembang tersebut sehingga membantu mendapatkan hasil terbaik dari mereka. Keunggulan pakan ini adalah Production Score Index yang di atas rata-rata, FCR yang lebih baik, tingkat ketahanan hidup yang lebih tinggi, serta tingkat keseragaman yang lebih baik.

Beberapa waktu lalu, banyak peternak yang mengeluhkan harga jagung yang mengalami kenaikan harga, yang mana berakibat pada ternak mereka. Sebagaimana kita ketahui, jagung merupakan utama yang berkontribusi sebesar 50 persen dalam komponen biaya produksi pakan ternak. Kondisi ini membuat para peternak menjerit karena mahalnya harga jagung. Melihat kondisi ini, pemerintah diminta mengamankan harga jual jagung untuk mengantisipasi kenaikan harga pakan ternak.

Untuk mengatasi hal ini, Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Bulog dan pakan dalam menyalurkan bantuan jagung untuk pakan ternak. Sebagai tahapan awal, sebanyak 12 ribu ton secara serentak akan disalurkan ke peternak rakyat di sejumlah sentra ayam petelur.

“Penyaluran jagung untuk pakan ternak ini untuk memotong jalur distribusi yang selama ini mengakibatkan kelangkaan pakan ternak. Ini bukti bahwa ketersediaan pakan jagung cukup untuk memenuhi kebutuhan para peternak lokal,” ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam keterangan tertulis, dilansir Detik Finance.

Terpantau, Tim Kementan bergerak ke sejumlah titik antara lain di Blitar, Malang, Kendal, Solo, Bogor, Sukabumi dan Cianjur untuk memastikan distribusi pangan berjalan dengan lancar langsung ke para peternak rakyat, baik ayam petelur atau layer maupun ayam pedaging atau broiler. Bantuan akan disalurkan bertahap sebagai langkah awal dalam menstabilkan harga jagung untuk pakan ternak.

Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Indonesia menyatakan sangat menghargai atas support yang sudah diberikan oleh Kementerian Pertanian di saat-saat sulit untuk peternak. “Kami mewakili teman-teman di lapangan sari peternak rakyat berterima kasih atas program yang sudah dilakukan untuk menolong pada saat krisis kali ini,” kata Ketua Pinsar Indonesia Hartono.

“Memang krisis kali ini, buat peternak, sangat luar biasa karena dengan harga produk pakan yang sangat tinggi, sementara harga jual ayam dan telur kami ini jatuh serendah-rendahnya. Ini dilematis, tapi untungnya Pak Menteri sudah memberikan jalan keluar. Semoga program ini, bisa berlanjut dan lebih luas mencapai sasaran yang diinginkan,” tambahnya.

Loading...