Diklaim Baik Untuk Diet, Ini Harga Cuka Apel di Carrefour

Harga, cuka, apel, di Carrefour, pusat, perbelanjaan, diet, manfaat, gangguan, penyakit, lambung, merek, Heinz, S&W, apple, cider, vinegar, Chung Jung One, ahli, asam, asetat, tenggorokan, makan, dosis, GERD, pencernaan, gizi, program, tubuh, produk, cairan, fermentasiProduk cuka apel (sumber: carousell.com)

Sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno, cuka dari buah apel merupakan salah satu bahan yang banyak dipakai oleh ahli di masa lalu. Cuka apel merupakan herbal serba guna yang disebut-sebut dapat memberikan efek positif bagi . Di sejumlah pusat seperti Carrefour, Anda bisa menemukan produk cuka apel dalam berbagai macam merek dan harga.

Cuka apel adalah minuman yang dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Setelah apel didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi ke dalam untuk memulai proses alkohol.

Selain ragi, ditambahkan juga gula dalam cairan apel yang akan diubah menjadi alkohol. Dalam proses fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter).

Cuka yang diperoleh dari proses fermentasi panjang ini juga menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan lain-lain. Ini menjadikan cuka memiliki manfaat sebagai antioksidan serta antibakteri. Saat ini cuka, terutama cuka apel, mulai kembali dimanfaatkan oleh masyarakat dan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan cuka apel dikabarkan bisa membantu pengobatan .

Minum cuka apel sebelum makan dapat membantu menurunkan gula darah, kata yang diterbitkan dalam Journal of Foods Functional. “Asam asetat, komponen utama dalam cuka apel, dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mencerna pati,” kata penulis studi Carol Johnston, PhD, associate director dari School of Nutrition and Health Promotion di Arizona State University, dilansir Tribunnews. Penghambatan itulah yang menjadi kunci berat badan turun dan tubuh jadi langsing.

Meski demikian, sebagian besar ahli gizi tetap skeptis mengenai manfaat cuka apel untuk membantu program diet. Mereka mengatakan, diperlukan lebih banyak bukti untuk mendukung klaim manfaat cuka apel terhadap penurunan bobot tubuh.

Tapi, selama kita tidak memiliki masalah toleransi makanan yang bersifat asam (seperti GERD atau gangguan pencernaan), minum cuka apel tidak akan mengganggu, kata Kimberly Gomer, seorang ahli diet terdaftar di Pritkin Longevity Center + Spa di Miami.

Anda tidak benar-benar harus membatasi diri dengan hanya memilih cuka apel, karena semua cuka mengandung asam asetat. “Cuka anggur memiliki yang lebih halus,” kata Johnston. Cari produk dengan tingkat keasaman 5%. Minum sedikit saja. Mengonsumsi terlalu banyak asam asetat dapat menyakiti tenggorokan. Satu sendok makan cuka apel dicampur dengan delapan ons air dan minum sebelum makan adalah dosis yang aman, kata Johnston.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa mendapatkan berbagai merek produk cuka apel di sejumlah pusat perbelanjaan. Di Carrefour, Anda bisa menemukan merek S&W Apple Cider Vinegar 473 ml yang dibanderol dengan harga Rp85.900, Chung Jung One Apple Vinegar 500 ml Rp15.400, dan Heinz Apple Cider Vinegar 473 ml Rp60.700.

Loading...