Diklaim Aman untuk Penderita Diabetes, Harga Beras Jagung Per Kg Dijual Mulai Rp 30 Ribuan

Beras Jagung - madeathings.blogspot.comBeras Jagung - madeathings.blogspot.com

Sebagai yang memiliki kekayaan alam melimpah, alternatif bahan pangan di sebenarnya ada banyak. Selain putih, ada juga bahan pangan seperti jagung yang kerap diolah menjadi nasi jagung, singkong, dan masih banyak lagi. Di beberapa daerah biasanya jagung cukup disukai karena harga per kg-nya dinilai relatif murah dan lebih mengenyangkan dibanding putih biasa.

Harga beras jagung per kg di cukup bervariasi, tergantung mereknya. Berdasarkan penelusuran di beberapa situs jual-beli online yang ada di Indonesia, harga beras jagung merek Raja yang diklaim aman untuk para penderita diabetes dengan harga sekitar Rp 38 ribu per kilogram. Ada pula beras jagung merk ODNR yang harga per kilo Rp 30 ribu saja.

Beras jagung sendiri sebenarnya adalah perpaduan dari beras putih dan jagung. Beberapa merek beras jagung rata-rata warnanya putih menyerupai beras biasa dan siap dimasak layaknya menanak nasi pada umumnya. “Kandungan glikogennya rendah sehingga cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes dan obesitas. Biasa disebut nasi jagung. Bisa diolah lagi jadi nasi uduk, nasi goreng ataupun juga lontong. Bisa juga dimakan dengan lauk pauk dan sayur seperti biasa,” kata salah satu penjual beras jagung.

Sang penjual juga mengklaim bahwa beras jagung dagangannya ini memiliki sejumlah keunggulan atau kelebihan. Misalnya saja indeks glikemik yang rendah, mempunyai daya simpan yang lebih lama, tidak mudah terkontaminasi aflatoxin, nilai cerna lebih tinggi sehingga tidak menimbulkan rasa sebah di perut, hingga diklaim lebih cepat tanak dalam jangka waktu sekitar 15 menit saja di rice cooker.

Sementara itu, stok beras putih menjelang Hari Raya Idul Fitri 2018 kali ini dipastikan aman dan cukup untuk memenuhi . Menurut Direktur Operasional dan Publik Perum Bulog Karyawan Gunarso, stok beras saat ini mencapai 1,2 juta ton yang terdiri dari 1,050 juta ton cadangan beras pemerintah (CBP) dan sisanya adalah beras komersial Bulog. “Sekarang stok Bulog 1,2 juta ton. Kalau bicara cadangan pemerintahan yang jumlahnya lebih dari satu juta, ini lebih dari cukup untuk Lebaran saja, bahkan sampai akhir 2018 nanti,” tegas Karyawan.

Loading...