Diklaim Aman untuk Bayi, Harga Obat Batuk Ambroxol Sirup Cukup Terjangkau

Ilustrasi obat batuk - www.cnnindonesia.com

Sakit batuk dapat dialami siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Dalam batuk, seseorang bisa saja mengalami kombinasi sakit influenza sehingga menyebabkan batuknya berdahak. Batuk sendiri dianggap sebagai respons alami tubuh untuk mengeluarkan dahak. Meski demikian, batuk tidak bisa didiamkan begitu saja tanpa adanya . Beberapa orang yang menderita sakit batuk berdahak biasanya mengonsumsi obat ekspektoran seperti Ambroxol untuk mempermudah mengeluarkan dahak.

Obat Ambroxol ada 2 jenis, yakni sirup dan tablet. Dosis Ambroxol syrup untuk anak usia 6-12 tahun dapat diminum sebanyak 2-3 kali sehari sebanyak 1 sendok teh (sdt). Ambroxol sendiri kabarnya juga bisa diminum oleh usia 1 tahun. “Anjuran dosis pemakaian untuk anak berdasarkan jumlah dosis per hari yaitu 1,2 – 1,6 mg Ambroxol HCI per kg berat badan. Biasanya dosis akan terbagi menjadi 2 kali pemberian dalam satu hari. Sedangkan tiap ml ambroxol drop mengandung 15 mg ambroksol,” kata dr. Melyarna Putri, seperti dilansir Klikdokter.

“Namun tentunya pemberian obat harus memperhatikan kondisi medis yang menyertai pasien seperti gangguan fungsi hati dan ginjal serta alergi obat ini karena pada beberapa kondisi medis ini tidak dapat diberikan obat ini,” sambungnya.

Ambroxol sirup maupun tablet dapat ditemui dengan mudah di sejumlah apotik seperti K24, Kimia Farma, dan sebagainya. Ambroxol sirup 60 ml 15 mg/5 ml produksi Indo Farma sekitar Rp 7.527 per botol di K-24.

Obat satu ini indikasinya untuk mengobati saluran napas akut dan kronik yang disertai dengan sekresi bronkus yang abnormal, terutama pada eksaserbasi bronkus kronik, bronkitis asmalitikus, asma bronkial, terapi pra dan pasca operasi untuk pasien yang dirawat secara intensif guna mencegah terjadinya komplikasi pada paru.

Sementara itu, anak senior di Family Medical Practice, Ho Chi Minh City, Dr Jonathan Halevy mengatakan bahwa Ambroxol adalah obat yang luar biasa. “Ini adalah satu-satunya obat batuk yang telah dipelajari dengan aman pada bayi kecil. Ini bahkan terbukti efektif dalam mengurangi penyakit paru kronis pada bayi prematur. Studi terbaru menunjukkan Ambroxol mungkin memiliki efek perlindungan pada sel otak,” ujar Dr. Halevy, seperti dilansir Vietnamnews.

Loading...