Dikenal Surganya Operasi Plastik, Berapa Biaya Sedot Lemak di Korea Selatan?

Biaya Sedot Lemak - www.honestdocs.idBiaya Sedot Lemak - www.honestdocs.id

Operasi plastik mungkin dulu menjadi hal yang cukup tabu untuk diumbar-umbar di hadapan umum. Namun beberapa tahun belakangan, oplas tampaknya bukan lagi jadi hal yang aneh. Bahkan banyak orang, baik maupun yang mulai tertarik melalui operasi plastik untuk membuat tampilan mereka semakin cantik atau tampan. Ada banyak operasi bedah plastik yang diminati , mulai dari operasi hidung (rhinoplasty), operasi memperbaiki rahang, pembesaran payudara, hingga liposuction atau sedot lemak.

Prosedur seperti liposuction alias sedot lemak saat ini bisa dilakukan di banyak di Indonesia, termasuk di Jakarta. Namun beberapa orang rupanya lebih menyukai sedot lemak di luar negeri seperti di Amerika Serikat, Thailand, atau Korea Selatan yang memang dikenal sebagai surganya untuk oplas. Dibandingkan di AS sana, kabarnya biaya sedot lemak di Korea relatif lebih terjangkau, yakni berkisar Rp 41,8 jutaan.

Sementara itu, di Thailand biaya sedot lemak sekitar Rp 40,4 jutaan di Bumrungrad Hospital, Bangkok. Di Jakarta pun sudah banyak atau yang menyediakan sedot lemak dengan tarif antara Rp 25 jutaan hingga Rp 30 jutaan, tergantung di mana lokasinya dan yang ditawarkan.

Menurut data Asosiasi Dokter Bedah Plastik AS (ASPS), seperti dilansir AFP melalui VOA Indonesia, angka pembedahan atau prosedur kosmetik invasif minimal mengalami peningkatan di Amerika Serikat. Akan tetapi, trennya berganti menjadi teknik-teknik bebas pembedahan seperti pemakaian botox. “Pada 2018, ada sekitar 17, 7 juta prosedur kosmetik dilakukan di AS,” demikian bunyi laporan tersebut.

Tren jangka panjang menunjukkan bahwa angka bedah kosmetik menurun. Pada tahun 2018 angka operasi kosmetik di AS turun 5% dibandingkan 2000. Terdapat sekitar 1,8 juta tahun lalu, lebih sedikit 100 ribu dibandingkan pada pergantian abad. Prosedur kosmetik pada hidung, dagu, telinga, kelopak mata, dan dahi kabarnya sudah tak lagi populer.

Demikian pula dengan sedot lemak yang dikabarkan telah berkurang kepopulerannya, namun masih banyak dilakukan (sekitar 258 ribu operasi pada 2018). Prosedur liposuction juga mulai naik daun lagi selama beberapa tahun terakhir dengan kenaikan tahunan 5% setiap tahun dalam 2 tahun belakangan.

Loading...