Dikenal Sebagai Tanaman Penghias Ruangan, Harga Sukulen Mini Mulai Rp 18 Ribuan

harga, tanaman, sukulen, mini, kaktus, cara, merawat, dekorasi, rumah, hias, tanah, kering, jenis, anthurium, kemuning, media, air, kontur, asupan, tempat, alternatif, polusi, udaraTanaman sukulen mini untuk hiasan meja (sumber: idntimes.com)

Menghias di rumah, selain dengan lukisan atau foto, bisa juga dengan tanaman jenis mini. Ada beberapa jenis yang bisa mempermanis tampilan , antara lain kaktus panda, sukulen roseum, sukulen jade, sukulen sedum, sukulen zebra, kaktus bola emas, echeveria minima, dan lainnya.

Apabila Anda membelinya di toko bunga, per pot bisa mulai dari Rp 18 ribuan hingga ratusan ribu rupiah (beserta pot). Jika Anda membeli dalam banyak, harganya bisa lebih murah yaitu Rp 70-80 ribuan per 20 pcs.

Agar tanaman sukulen tetap bisa hidup, Anda harus pintar-pintar merawatnya. Diawali dengan tanaman itu harus cukup terkena matahari. Pilih sebuah tempat teduh yang sering mendapat sinar matahari, seperti di samping jendela. Lalu, sebaiknya Anda memilih pot yang tidak terlalu besar, dan hindari juga wadah kaca atau keramik yang tidak memiliki lubang-lubang kecil di dasarnya.

Dikarenakan habitat asli sukulen merupakan daerah kering, Anda sebaiknya menghindari penyiraman yang berlebihan. Saat Anda siram, sebaiknya Anda basahi tanah di sekitarnya dan jangan disiram lagi hingga tanah sudah kembali kering.

Jangan lupa juga untuk memerhatikan media tanah yang dipakai untuk menanam tanaman, sukulen suka dengan media tanam yang kering dan berpasir. Pilihlah media yang tidak menyimpan air, atau campuran tanah dan perlite dengan perbandingan 1:1.

Merawat tanaman seperti kaktus dianggap tidak sulit. “Misal untuk kaktus, itu seminggu atau dua minggu sekali bisa di jemur di bawah sinar matahari. Apabila tanaman itu sudah terlihat agak kering,” jelas Dzikrulli Fadhyl Aziz Ibrahim dari Scura.id.

Sedangkan untuk jenis sukulen, dijelaskan Ibrahim, tak perlu disiram setiap hari.
Cukup diberi asupan air satu atau dua minggu sekali. “Hanya saja jangan langsung disiram di daunnya, namun di media saja atau kontur tanahnya yang diberi air,” tutur Dzikrulli kembali.

Adapun Scura.id menyediakan tiga jenis tanaman yang kerap dijumpai di padang pasir, yakni kaktus, sukulen, dan bamboki. Harga yang ditawarkan pun cukup ekonomis dan bisa dijangkau oleh masyarakat. Untuk jenis kaktus dibanderol Rp 30 ribu-Rp 65 ribu. Sedangkan bamboki Rp 20 ribu – 25 ribu dan sukulen Rp 30 ribu – Rp 75 ribu.

Scura.id juga mengusung konsep terrarium yang merupakan mini dalam ruangan. “Terrarium ini bisa digunakan sebagai dekorasi rumah atau hunian karena bisa ditempatkan di mana saja sehingga sangat fleksibel dan simple,” pungkasnya.

Tanaman juga bisa dijadikan sebagai pereduksi polusi udara. “Untuk di teras, alternatif mini garden bisa menjadi pilihan pengunjung. Kita memiliki beberapa paduan dari jenis perdu, sukulen-sukulenan, anthurium, kemuning dan beberapa tanaman lainnya yang sudah disusun dalam satu tempat, sebagai alternatif tanaman ,” ujar Sodikin, Staf Afro Taman Buah Mekarsari.

Loading...