Dikenal Sebagai Pengempuk Kue, Bread Improver Sachet Dijual Sekitar Harga Rp 4.500

Bread Improver - (Sumber: tksakura.blogspot.co.id)Bread Improver - (Sumber: tksakura.blogspot.co.id)

Salah satu bahan yang digunakan dalam adalah bread improver. Bahan ini akan roti lebih empuk, halus seratnya, fermenteasi menjadi singkat, dan daya simpannya menjadi lebih lama.

Produk bread improver tersedia dalam kemasan sachet. Harganya sekitar 4.500. Salah satu yang terkenal adalah Unipan. Anda bisa membelinya di toko bahan kue, atau bisa juga melalui pembelian online.

Berbagai resep kue dapat Anda coba dengan menggunakan bread improver. Di antaranya adalah cronut (‘perkawinan’ antara croissant dan donat), dan juga donat itu sendiri. Menurut pengusaha cronut, salah satu resep dalam bahan kue itu adalah menggunakan pengempuk kue/adonan.

“Cronut tak bisa menggunakan telur atau resep croissant yang dipanggang, karena akan menyerap minyak,” ujar Yongki Gunawan, ahli pastry. “Kalau mau hasilnya lembut, pakai bread improver,” tambahnya.

Pria tersebut juga mengingatkan teknik dasar saat mencampur bahan-bahan. “Campurkan bahan-bahan kering dulu, terpisah dengan bahan-bahan basah, baru campurkan keduanya,” katanya.

Yongki merekomendasikan untuk menggunakan es batu yang sudah dihancurkan sedikit sebagai pengganti air. Tujuannya agar adonan yang dikocok tak panas dan hasilnya bagus. Saat mengocok dengan mixer, gunakan kecepatan rendah sampai es batunya meleleh semua dan tak berbunyi ‘klutuk-klutuk’ lagi.

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam membuat Cronut ialah pemilihan berkualitas baik dan masih segar. Selain memengaruhi tekstur, warna dan , bahan baku berkualitas juga mampu meningkatkan daya tahan Cronut. Sehingga bisa disimpan lebih lama.

Dimulai dari menyiapkan bahan baku berupa tepung terigu, pasir, bread improver, air, mentega putih, fermipan, susu bubuk, garam, mentega pastry atau yang biasa disebut korsvet dan minyak goreng.

Sedangkan untuk peralatan, dibutuhkan timbangan bahan, waskom atau bowl mixer untuk mencampur adonan, rolling pin, cetakan donat, loyang atau nampan datar, pisau adonan, wajan, sodet dan irus untuk menggoreng adonan cronut.

Selain cronut, resep kue lainnya yaitu donat. Menurut chef Koko Hidayat, ia mengatakan “Untuk membuat adonan dapat digunakan dua jenis tepung terigu yang berbeda. Yakni tepung terigu protein tinggi dengan tepung terigu Segitiga Biru dengan perbandingan 60:40 atau 600 gr tepung terigu protein tinggi dan 400 gr tepung terigu protein sedang.”

Sementara untuk bahan pengempukkan adonan, “Dapat ditambahkan bahan alami berupa kentang atau bread improver. Kentang berfungsi untuk menahan air dalam adonan, sehingga hasilnya lebih terasa empuk,” tambah chef Koko Hidayat.

Selain menggunakan kedua hal di atas sebagai pengempuk adonan, Anda dapat juga menggunakan ubi ungu. Menurut beberapa orang, menggunakan kentang atau ubi akan membuat pori-pori donat menjadi tidak terlalu berongga.

Loading...