Dikenal Punya Khasiat Melimpah, Harga Madu Klanceng Putih Dijual Hingga Rp 500 Ribuan

Madu Klanceng - maduorigona.blogspot.co.idMadu Klanceng - maduorigona.blogspot.co.id

Belakangan ini sedang populer madu baru yang dikenal memiliki khasiat lebih banyak dibandingkan madu pada umumnya. Madu tersebut dinamakan madu klanceng atau lanceng. Dinamakan demikian karena dihasilkan oleh tawon atau lebang lanceng (Apis trigona) yang tidak memiliki sengat. madu klanceng pun bermacam-macam, ada madu klanceng putih hingga yang warnanya putih. Karena khasiatnya yang beragam itu pula, madu klanceng pun dijual cukup mahal.

Madu klanceng mulai banyak dibudidayakan di sejumlah daerah dan memiliki harga jual yang relatif tinggi, bisa mencapai Rp 500 ribu per liter. Beberapa juga sudah banyak yang menjual madu klanceng secara di -situs e-commerce. Sebagai , madu klanceng putih dijual dengan harga yang variatif. Adapun madu klanceng putih QHI 200 gram dijual seharga Rp 65-70 ribu, madu klanceng putih 600 ml Rp 125 ribuan, dan yang beratnya 1 kg bisa mencapai Rp 389 ribuan.

Lantas mengapa harga madu klanceng lebih mahal? Rupanya karena kandungan fruktosa dan glukosa pada madu klanceng disebut-sebut lebih tinggi dari jenis madu lainnya. Madu klanceng kabarnya tersusun dari sejumlah molekul gula, mineral, vitamin, protein, dan asam amino yang dipercaya bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi diabetes, anti-kanker, meningkatkan kinerja otak, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, rutin mengonsumsi madu klanceng konon dapat meningkatkan daya tahan dan membuat awet muda.

Salah satu pembudidaya madu klanceng asal Dusun Sekendal, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulonprogo bernama Heri Kurniawan menyebutkan jika ciri-ciri madu yang benar-benar asli atau murni pasti ada sedikit rasa pahit, sehingga tidak hanya terasa manis saja. Di samping itu, jenis pepohonan yang sedang berbunga, seperti durian, manggis, dan kopi juga turut mempengaruhi rasa madu yang dihasilkan oleh lebah.

“Kalau orang yang sudah benar-benar bisa membedakan, bisa merasakan bedanya, kalau dari musim bunga manggis cenderung lebih manis, kalau dari musim bunga durian dan kopi cenderung ada pahitnya,” jelas Heri.

Hal lainnya yang mengakibatkan harga madu klanceng lebih mahal adalah lantaran produksinya yang terbatas, baik secara keseluruhan atau per koloni. Apis mellifera (lebah madu) biasanya dapat menghasilkan 10 kg madu per koloni setiap tahun, sedangkan Apis trigona hanya 1-2 kilogram per koloni per tahun.

Loading...