Dikenal Langka & Simpan Banyak Khasiat, Berapa Harga Kunyit Hitam per Kg?

Harga Kunyit Hitam - www.ternakagro.comHarga Kunyit Hitam - www.ternakagro.com

Selama ini masyarakat mungkin lebih banyak yang mengetahui rimpang biasa berwarna putih kekuningan. Namun ternyata ada kunyit hitam yang kabarnya cukup langka dan jual bibitnya saja per kg bisa cukup mahal. Berdasarkan penelusuran di sejumlah jual-beli online, harga bibit kunyit hitam yang diklaim asli dari Laos dapat mencapai Rp 5 juta per kg (1 pot isi 1 rimpang). Luar biasa sekali bukan? Lalu apa sebenarnya keistimewaan satu ini?

Kunyit hitam atau yang memiliki nama lain Kunyit Wulung, Kali Haldi, Black Turmeric, Black Zedoary dikenal manjur untuk mengobati berbagai , mulai dari yang ringan hingga berat. Dalam kunyit hitam disebut-sebut mengandung kurkumin, desmetoksikumin, dan bisdesmetolsikurkumin. Selain itu juga mengandung minyak atsiri serta lemak rendah, karbohidrat rendah, protein, pati, C, dan mineral yang diklaim baik untuk .

“Kandungan kurkumin dalam kunyit hitam dapat digunakan untuk meningkatkan atau mengobati penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, hingga pneumonia. Jika dipasangkan dengan bumbu dapur seperti lada hitam, maka khasiat dari kunyit yang didapatkan akan lebih maksimal,” demikian bunyi penelitian dari Positivemed.

Lalu mengapa tanaman kunyit hitam disebut langka? “Buah kunyit hitam baru dapat dipanen selama masa tanam 12 bulan, dan menghasilkan buah lebih kurang hanya 1 ons saja. Pohon kunyit hitam ini adalah tanaman langka, sehingga hanya menjadi tanaman kebesaran dan kebanggaan para raja Melayu di Malaysia. Terlebih lagi tanaman kunyit hitam ini dijadikan tanaman yang sakral di India,” kata salah satu penjual kunyit hitam.

Kunyit hitam juga membutuhkan yang rapi dan sangat rumit. Tanah yang digunakan harus bercampur dengan pasir dan memerlukan kawasan yang redup dan air yang cukup. Kunyit hitam baru mengeluarkan kecambah dalam masa yang lama, kadang 6 bulan kemudian baru berkecambah.

Selain dalam bentuk bibit siap tanam, ada juga pedagang yang menjual umbi kunyit hitam seharga Rp 450 ribuan yang terdiri dari 5 umbi. Bukan hanya dikenal memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, kunyit hitam pun konon dikenal mampu mengatasi penyakit yang diakibatkan oleh ilmu hitam atau guna-guna.

Loading...