Dikenal Halus & Presisi, Harga Terakota per M2 Dibanderol Relatif Mahal

Ilustrasi : Bata terakota untuk dindingIlustrasi : Bata terakota untuk dinding

yang digunakan sebagai penyusun rumah atau suatu kini sudah semakin bervariasi. Dibandingkan menggunakan plamir biasa dan cat , ada juga beberapa orang yang lebih senang menggunakan bata ekspos karena bisa memunculkan kesan rustic yang kini sedang tren dan juga kesan hangat.

Adapun bata ekspos sendiri adalah bata penyusun dinding yang dibiarkan polos tanpa plester dan aci. Dengan demikian akan terekspos pula karakter asli bata, baik berupa , tekstur, dan juga bentuknya. Menurut Aditya Wijaya dari Studio Indirakasa, terdapat 3 macam batu bata, masing-masing ditentukan oleh material tanah penyusun dan lama pembakarannya. Sisi kualitas dan kerapian bentuk pun bisa mempengaruhi jual.

“Yang paling adalah bata terakota. Ini karena materialnya yang sangat halus dan bentuknya yang presisi. Selanjutnya adalah bata biasa yang banyak dikenal. Dan yang terakhir adalah bata expose yang tentu di atas bata biasa,” kata Aditya, seperti dilansir Tribunnews.

Bata jenis terakota disebut-sebut paling mahal karena terbuat dari material yang sangat presisi seperti keramik. Di samping itu, warna merahnya pun paling kuat. Harga terakota biasanya dibanderol lebih mahal dibandingkan bata ekspos dan batu bata biasa.

Terakota memang tampak paling artifisial dan tidak natural, namun sanggup memberikan kesan bersih, ringan, dan juga simpel. Desainnya pun dikenal sangat . Satu bata terakota kabarnya bisa dengan harga lebih dari Rp 3.000, sedangkan harga bata tempel terakota super mulai Rp 145 ribu per meter persegi dan jenis terakota natural harganya lebih murah, yaitu Rp 130 ribu per m2.

Selain warna merah yang terang, bata terakota juga ada yang dibuat dengan warna-warna yang lebih natural. Banyak orang yang tertarik menggunakan bata terakota lantaran dinilai lebih mudah dalam hal finishing. Di samping itu, bata terakota juga cenderung lebih awet dan tahan lama. Saat ini bata terakota lebih banyak dipakai untuk desain resto, kafe, atau rumah dengan tema unik dan juga klasik.

Loading...