Dikenal Dalam Dunia Bisnis Online Shop, Harga Endorse Artis Instagram Terbilang Variatif

dunia, bisnis, olshop, online, istilah, endorse, produk, ketentuan, tambahan, per, item, artis, instagram, selebgram, posting, foto, di, snapgram, agen, manajemen, Syahrini, Ayu Ting Ting, brand, ambassadorArtis menjalani sesi foto untuk keperluan promo

Dalam dunia jual beli online (online shop/olshop), saat ini sudah sering terdengar istilah endorse. Di dunia olshop, endorse bisa berupa pemberian kepada artis dengan tujuan supaya tersebut digunakan atau diupload fotonya di media sosial artis terkait. Dengan begitu, pihak olshop dapat memperkenalkan mereka melalui artis tersebut.

Untuk setiap endorse, biasanya akan dikenakan tarif. Tarif atau setiap artis terbilang variatif. Di samping tarif atau , pihak olshop juga perlu memerhatikan ketentuan yang ada, misalnya artis bersangkutan tidak menghendaki produk tertentu seperti produk skincare, susu bayi, makanan, dan produk lainnya.

Bagi Anda yang ingin endorse artis atau influencer, kini caranya lebih mudah, karena ada manajemen yang menangani khusus endorse. Misalnya Anda ingin endorse artis Instagram/selebgram. Bisa diambil contoh selebgram Helminursifah, Anda dikenai harga Rp 1.100.000 per item. Anda akan dikenai tambahan Rp 500.000 apabila ditambah dengan foto di snapgram Helminursifah.

Berbicara mengenai tarif atau harga, artis Syahrini dinilai memiliki tarif endorse tertinggi. Disebut-sebut tarif untuk sekali endorse mencapai Rp 100 jutaan. “Saya¬†kalau diendorse Rp150 juta satu kali posting. Kalau dua kali ya Rp300 juta,” ujar Syahrini.

Selain Syahrini, ada pula penyanyi dangdut Ayu Ting Ting, Luna Maya, Jessica Iskandar, hingga Raffi Ahmad disebut memiliki tarif endorse dengan nominal yang cukup tinggi. Sebut saja Ayu Ting Ting, ketika ditanya mengenai endorse yang diterimanya, ia terlihat enggan memberikan komentar. “Enggak ah enggak mau wawancara nanti ada pajak ribet saat ditanya,” katanya.

Ayu mengaku jika dirinya sangat selektif dalam menerima endorse. “Yang penting itu harus jelas semuanya, jangan sampai ada kesalahan. Harus selektif ya, kan kita mempromosikan, jadi kita harus benar-benar jangan membohongi orang banyak. Semua yang Ayu promoin itu atas kemauan Ayu sendiri, Ayu yang pilih,” tuturnya.

Bahkan, sambung Ayu, jika endorse dilakukannya dengan memilih-milih produk, tidak semua produk ia terima, karena ia juga menjadi ambassador produk lain. “Seperti baju, sepatu, tas, dan kecantikan, minuman juga. Semua harus tercantum di BPOM, karena kan kita yang mempromosikan itu, jadi¬†harus jelas jangan sampai salah. Jadi harus lebih hati-hati,” kata Ayu.

Hal yang sama juga diterapkan oleh artis Luna Maya. Dirinya mengaku bahwa saat ini, ia lebih memilih menerima endorse produk, kalaupun jalan-jalan, lebih kepada pesawat resmi dari maskapai bersangkutan. “Kemarin sempat ada yang endorse umrah ke aku. Tapi akunya deg-deg kan, terus aku bilang ketemu langsung saja dulu. Agak ngeri ya sekarang,” ujar Luna Maya.

Sedangkan, Raffi Ahmad mengatakan bahwa setiap artis akan berbeda-beda dalam menerima endorse. “Kalau aku sih ada agen yang ngurus sendiri jadi aku tinggal lihat dari agen aku kontak ke aku. Enggak agensi maksudnya tim aku yang sortir,” kata suami Nagita Slavina tersebut.

Loading...