Dikenai Potongan, Berapa Pajak Setiap Transaksi Menggunakan PayPal?

Transaksi Menggunakan PayPal - paperphy.blogspot.co.idTransaksi Menggunakan PayPal - paperphy.blogspot.co.id

PayPal Holdings Inc sebagai salah satu perusahaan fintech rupanya mencatatkan kinerja yang cukup membanggakan setelah memutuskan untuk memisahkan dari eBay. Maklum saja, meski pembukaan di PayPal tidak ditarik sama sekali, alias pendaftaran dan bulanan, Paypal bisa hidup dari fee atau yang dibebankan pada pengguna untuk -transaksi tertentu.

Sejak kuartal IV 2015 lalu perusahaan penyedia jasa pembayaran online ini dapat membukukan laba bersih mencapai 0,36 per saham. Pada kuartal IV 2015, pendapatan Paypal juga menyentuh angka 2,56 miliar , naik 21% daripada periode yang sama tahun 2014. Sedangkan laba bersih per saham naik 27%. “Kami melihat kesempatan yang luas ke depan, seiring berkembangnya dunia digital dan mobile,” kata Daniel Schulman, Kepala Eksekutif Paypal, seperti dilansir Kompas.

Pada dasarnya transaksi dengan Paypal tidak dikenai biaya apabila melakukan transfer langsung dengan saldo yang ada di Paypal. Namun kondisi menjadi lain jika transaksi dilakukan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Pasalnya pengguna, terutama yang berasal dari Indonesia akan terkenal aturan Cross Border Personal Transactions atau biaya transaksi untuk pembayaran lintas batas.

Fee atau pajak transaksi ini sebenarnya bisa dibayar oleh pihak pengirim atau penerima. Akan tetapi pengirim punya wewenang untuk memutuskan siapa yang akan membayar biaya transaksi tersebut. Berdasarkan ketentuan pihak Paypal, pengguna dari Indonesia akan dikenai pajak atau biaya sebesar 3,9% + Fixed Fee ($ 0,30 USD). Potongan tersebut akan dipotong langsung dari jumlah dana yang dikirim.

Kemudian untuk menerima uang dengan akun Paypal, maka pengguna tidak dikenakan biaya. Akan tetapi jika menerima transaksi penerimaan uang dengan kartu kredit atau debet untuk transaksi domestik, maka pengguna akan dikenai biaya 3,9% + fixed rate, sedangkan untuk pembayaran fee-nya sebesar 4,4% + fixed fee.

Lalu berapa biaya pencairan dana atau saldo Paypal ke rekening bank di Indonesia? Menurut beberapa pengguna yang pernah memiliki pengalaman mencairkan saldo Paypal, ternyata pengguna akan dikenai biaya sebesar Rp 16.000 untuk penarikan dana di bawah Rp 1,5 juta, sedangkan dana di atas Rp 1,5 juta tak dikenai pajak. Perlu diingat bahwa pajak Paypal ini bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Loading...