Dikemas dalam Sachet, Kopi Ya SP Dibanderol dengan Harga Murah

Harga Kopi - www.honestdocs.idHarga Kopi - www.honestdocs.id

PT Santos Jaya Abadi (SJA) dikenal sebagai kopi terkemuka di yang membawahi beberapa kopi, mulai dari Kapal Api, Good Day, Excelso, Kopi Ya, Kopi ABC, Fresco, Kopi Kapten, hingga Kopi Santos. Masing-masing merk kopi tersebut memiliki pangsa tersendiri dan jualnya pun rata-rata relatif terjangkau.

Sebagai pionir kopi kemasan bermerek pertama, Kapal Api disebut-sebut mampu menguasai 60% pangsa pasar. Lantas apa kunci sukses dari Kapal Api? Menurut Paulus Nugroho, Managing Director PT Santos Jaya Abadi, hal ini tidak terlepas dari yang terus dilakukan lantaran penikmat kopi terus mengalami evolusi dari waktu ke waktu.

Pada tahun-tahun sebelumnya, banyak orang menikmati kopi sebagai hal yang biasa. Tetapi saat ini, terutama generasi muda sudah banyak yang mulai mengapresiasi kopi. Oleh sebab itu banyak kafe menawarkan specialty kopi. Sebagai market leader, SJA pun ingin menyasar ceruk specialty kopi melalui kafe dan brand Excelso.

Kemudian Kapal Api ingin menyasar segmen usia 20-35 tahun dan menyasar kelas A-C, namun secara khusus, Kapal Api berupaya membidik kelas A dan B. Oleh karena itu, Kapal Api merilis premium yang kemasannya memakai kotak. Paulus juga mengakui jika aroma dan rasa Kapal Api sangat khas, bahkan dapat tercium langsung saat kopi diseduh.

“Banyak orang luar yang suka sekali Kapal Api dan membawanya sebagai oleh-oleh. Mereka bilang rasanya khas sekali. Orang Indonesia yang tinggal di luar negeri pun minta dibawakan oleh-oleh Kapal Api,” tutur Paulus, seperti dilansir Swa.

Selain itu, SJA pun berusaha menciptakan brand yang relevan dengan konsumen. Sebelum mengeluarkan produk baru, SJA rupanya melakukan riset dan melihat kompetisi pasar, baik di dalam maupun luar negeri. Hingga kini pertumbuhan bisnis kopi pun dinilai cukup bagus, dengan produk Kapal Api yang berhasil menyumbang sekitar 60% terhadap pertumbuhan SJA.

Sementara itu, untuk produk lain seperti Kopi Ya! Juga memiliki pasarnya sendiri. Kopi Ya tersedia dalam varian Kopi Ya SP dengan kemasan sachet isi 60 gr yang per renteng (isi 10 sachet) dijual dengan harga sekitar Rp 18.500. Kemudian ada pula Kopi Ya SP mini isi 7 gram yang harganya dibanderol murah, yakni Rp 3.500.

Loading...