Dijual Harga Rp 300 Ribuan, Apakah Bedak 99 Termasuk Produk Kosmetik Berbahaya?

bedak, 99, apakah, berbahaya, produk, kosmetik, merek, palsu, harga, murah, original, bahan, berbahaya, pengaruh, selebgram, cream, natural, pensil, alis, revlon, nyx, mac, merkuri, aman, pilihan, warnaBedak Bounce 99 (sumber: Tokopedia)

Bedak Bounce 99 Original dijual Rp 310 ribuan. Bedak itu berbentuk compact powder yang tersedia dalam 3 varian yang bisa disesuaikan dengan Indonesia. Bedak itu sudah dilengkapi dengan SPF 50/PA+++.

Kegunaan dari bedak itu antara lain mengontrol pori-pori (pore control) karena kandungan dari campuran ekstrak melia azadirachta yang membantu mencegah dampak polusi terhadap kulit .

Hasil akhir dari pemakaian bedak 99 adalah semi-matte finish. Anda juga tidak perlu khawatir bedak akan hilang ketika terkena keringat atau air karena bedak itu dianggap waterproof.

Bedak Bounce 99 bisa dibeli di online shop atau di beberapa toko . Bedak itu masih belum memiliki outlet resmi seperti atau kosmetik pada umumnya. Bagi Anda yang bertanya apakah bedak 99 berbahaya atau tidak, masih belum ada jawaban pasti.

Namun, mengenai kosmetik yang dijual bebas secara online, Kepala BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Republik Indonesia (RI) Penny K. Lukito, mengimbau agar masyarakat bisa cerdas dan cermat dalam memilih kosmetik.

“Jangan tergiur dengan iklan-iklan menyesatkan atau harga yang tidak wajar. Terlebih saat ini dengan perkembangan teknologi dan informasi, tantangannya semakin besar. Banyak kosmetik yang dijual secara online dan berdatangan dari luar,” ujar Penny.

Selama tahun 2018, BPOM RI telah menyita kosmetik ilegal senilai Rp 106,9 miliar. Ada beberapa produk kosmetik yang disarankan untuk dihindari karena mengandung bahan berbahaya, di antaranya Temulawak Two Way , Natural 99, New Papaya Whitening Soap, Collagen Plus Vit E Day and Night , NYX Pensil Alis, MAC Pensil Alis, Revlon Pensil Alis, Citra Day & Night , dan lainnya.

“Kosmetik tersebut ditemukan dan disita BPOM RI di daerah Jakarta dan Serang. Beberapa temuan tersebut merupakan merek yang dipalsukan,” tambah Penny.

Selain itu, BPOM juga mengumumkan produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya antara lain Beauty G Day Cream, LIXIAO Night Cream, ROSE Night Cream, D’SWISS Night Cream, L’COME Day Cream, LA WIDYA Collagen Day Cream, dan lainnya. Rata-rata produk itu mengandung bahan berbahaya yaitu merkuri.

“Untuk itu, belajar dari kasus-kasus produksi dan distribusi kosmetik ilegal di seluruh Indonesia, BPOM RI tidak hentinya mengimbau kepada para konsumen untuk bijak dalam memilih produk kosmetika dan tidak tergiur dengan iklan-iklan menyesatkan atau harga yang tidak wajar,” tutur Penny kembali.

Tidak jarang, produk kosmetik yang dijual secara online itu diperkenalkan ke masyarakat melalui selebgram, beauty vlogger, influencer serta artist (MUA). Selebgram dan lainnya dianggap bisa membawa pengaruh kepada pengikut atau follower mereka untuk mencoba suatu produk.

BPOM berharap selebgram dan anak muda lainnya bisa mengajak masyarakat untuk menggunakan kosmetik yang aman dan bermutu. Anak muda juga didorong untuk melaporkan kecurigaan terhadap kosmetik palsu dan jangan mudah tergiur dengan harga yang murah.

Loading...