Dijual di Apotik dengan Harga Variatif, Dosis Konsumsi Asam Folat Ternyata Tak Boleh Berlebihan!

Asam Folat - www.klikdokter.comAsam Folat - www.klikdokter.com

Asam folat termasuk salah satu zat yang dibutuhkan para saat sedang atau berencana hamil. Asam folat dikenal bermanfaat untuk membantu perkembangan janin dan sumsum tulang belakang bayi. Asam folat biasanya bisa didapatkan dari makanan seperti jeruk, bayam, brokoli, kacang polong, dan asparagus. Selain itu, asupan asam folat juga dapat diperoleh dari asam folat yang banyak di apotik dalam wujud generik dan non-generik.

Harga suplemen asam folat di apotik biasanya variatif, tergantung mereknya. Sebagai , ada beberapa merk suplemen asam folat yang cukup populer dan dikenal bagus untuk promil (program hamil), antara lain seperti Folavit yang dijual dengan harga Rp 8.897 per strip (1MG) atau Rp 10.384 per strip (400MCG), kemudian ada Folavicap 400MCG seharga Rp 1.000 per tablet, Afolat Rp 1.529 per strip, hingga merek Vomilat produksi Kalbe Farma yang harganya mencapai Rp 62.436 per strip di Apotek K24.

Meski konsumsi makanan dan suplemen yang mengandung asam folat dianjurkan untuk para ibu yang berencana hamil atau sedang hamil, rupanya takaran asam folat yang dibutuhkan oleh tiap ibu bisa berbeda-beda. Sebuah studi terbaru bahkan menemukan bahwa kadar asam folat yang terlalu tinggi dalam tubuh ibu justru berpotensi meningkatkan risiko anak mengalami autisme hingga 2 kali lipat. Bukan hanya asam folat, kadar vitamin B12 yang berlebihan juga berisiko meningkatkan autisme hingga 3 kali lipat.

“Vitamin B12 secara alami bisa ditemukan di produk hewani, termasuk ikan, , unggas, telur, dan susu. Jika kadar asam folat dan B12 amat tinggi, risiko autisme bisa meningkat hampir 17,6 kali lipat,” kata M Daniele Fallin, Ph.D, salah satu peneliti dalam studi tersebut, seperti dilansir Motherandbaby.

Walau demikian, Fallin menekankan jika studi itu bukan berarti melarang para ibu hamil untuk mengonsumsi asam folat. Yang perlu diperhatikan, para ibu wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan terkait dosis asam folat yang dibutuhkan.

Apabila ibu hamil kelebihan asam folat biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti mengalami rasa mual, muncul ruam merah pada kulit, bahkan hingga menderita insomnia. Pada sistem tubuh yang sudah terganggu biasanya juga dapat menyebabkan kejang, kesemutan, dan mati rasa. Oleh sebab itu, WHO (World Health Organization) menganjurkan wanita mengonsumsi 400 mg asam folat per hari, sedangkan wanita yang sedang hamil kebutuhan asam folatnya mencapai 600 mg per hari.

Loading...