Dijual Dengan Harga Rp50 Ribuan per 19 Liter, Benarkah Kangen Water Lebih Menyehatkan?

Harga, air, alkali, mineral, Kangen, Water, Jepang, industri, kemasan, 19, liter, produk, dijual, favorit, kandungan, sehat, tubuh, Enagic, jenis, penyebab, Neutral Water, Acidic Water, Strong Acidic Water, Strong Kangen Water, konsumsi, kadar, pH, keasaman, kesehatan, tujuan, penggunaan,Ilustrasi: air mineral dalam kemasan

Beberapa tahun belakangan ini, kemasan di Tanah diramaikan dengan asal Jepang, yaitu Kangen Water. hasil penyulingan ini diklaim dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan tidak mudah haus. Selain itu, produk buatan perusahaan Enagic tersebut juga digadang-gadang bisa menormalkan gula darah dan tekanan darah, serta membuat kulit menjadi lebih terlihat segar. Tidak heran, Kangen Water yang dijual dengan harga Rp50 ribu – Rp75 ribu per 19 jadi favorit banyak orang, mulai dari warga biasa hingga selebriti dan tokoh masyarakat.

Namun, tidak banyak yang mengetahui, bahwa Kangen Water terdiri dari beberapa jenis. Dilansir dari laman resmi Enagic, alat buatan mereka yang digunakan untuk menyuling bisa menghasilkan beberapa jenis air, tergantung dari tujuan penggunaannya. Jenis air ini dibedakan dari kadar keasaman (pH) yang dikandung.

Jadi, tidak semua air Kangen Water bisa diminum. Jika tetap dilakukan, maka bisa menimbulkan gangguan pada lambung. Jenis-jenis air yang bisa dihasilkan alat buatan Enagic antara lain Kangen Water, Neutral Water, Acidic Water, Strong Acidic Water, dan Strong Kangen Water.

Kangen Water, memiliki kadar pH 8,5-9,5, air ini baik untuk diminum setiap hari. Selain diminum langsung, air juga bisa dipakai untuk membuat teh dan kopi, serta mencuci sayuran.

Neutral Water, kadar pH-nya adalah 7,0, sehingga cocok untuk membuat susu bayi. Air jenis ini juga bisa dipakai untuk minum obat. Sementara, Acidic Water, dengan kadar pH 4,0-6,0, tidak untuk diminum, dan hanya boleh dipakai untuk membasuh muka, mencuci rambut dan membersihkan semua benda yang terbuat dari kaca.

Jenis lainnya adalah Strong Acidic Water, kadar pH 2,7 membuat air ini hanya boleh dipakai untuk membersihkan dan mensterilkan peralatan makan, tangan dan untuk kumur. Kemudian, Strong Kangen Water yang mengandung ph 11,0, tidak boleh diminum dan hanya digunakan untuk mencuci buah-buahan, serta membersihkan noda yang mengandung minyak.

Prinsipnya, air di dunia ini memiliki pH yang berbeda-beda. Air biasa memiliki pH rata-rata 7, sedangkan air alkali memiliki pH di atas 7 atau lebih bersifat basa.  Besarnya pH yang dimiliki air alkali ini diharapkan bisa menciptakan keseimbangan akan kebutuhan zat basa dalam tubuh.

Namun begitu, John Berardi pernah menyanggah anggapan soal begitu pentingnya air alkali ini. Konsultan nutrisi yang juga pendiri Precision Nutrition, perusahaan pembinaan nutrisi online terbesar di dunia itu mengatakan bahwa gagasan setiap orang perlu ‘alkalize’ (/pengobatan dengan air alkali) adalah bentuk generalisasi yang berlebihan.

Di Huffington Post, Berardi memaparkan adanya beberapa masalah dari anggapan tersebut. “Pertama, masing-masing sistem organ (dalam tubuh) memiliki rentang pH yang unik, dan tubuh kita secara melakukan pekerjaan yang hebat untuk mempertahankan pH darah dalam rentang masing-masing,” tuturnya.

Berardi menekankan, “Jika pH anda tidak seimbang sangat penting untuk mengetahui penyebabnya. Tanpa mengetahui penyebabnya, Anda tidak bisa menentukan apakah air alkali benar-benar dibutuhkan oleh tubuh Anda.”

Ia mengatakan mungkin saja ada banyak manfaat dari air alkali dalam kondisi-kondisi tertentu. Akan tetapi, ia lebih menyarankan orang-orang untuk menghemat uang dan tetap mengonsumsi air putih biasa. “Jika Anda sudah mengkonsumsi air putih secara konsisten, Anda telah melakukan sesuatu yang baik untuk kesehatan Anda,” tutupnya.

Loading...