Dijual Dengan Harga Per Biji, Gastrul Hanya Ditemukan di Apotik Tertentu

Wanita Mengandung - (Sumber: share.upmc.com)Wanita Mengandung - (Sumber: share.upmc.com)

Jenis obat yang beredar di pasaran, tidak semua memiliki manfaat yang dianggap baik. Sebut saja obat dengan merk Gastrul. Obat ini mungkin tidak dijual di semua , misalnya K24 atau Farma, tetapi dapat dibeli melalui apotik-apotik online atau apotek tertentu. obat Gastrul bervariasi mulai dari Rp 35.000-75.000 per kapsul (per biji).

Pil aborsi tersebut mungkin sering diresepkan untuk yang ingin mengakhiri yang tidak diinginkan. Meskipun jarang, obat penggugur kandungan dapat menyebabkan efek samping jangka pendek dan panjang yang merugikan.

Efek tersebut di antaranya pendarahan yang berkepanjangan, kehamilan ektopik, abori tidak sempurna, peradangan panggul, serta efek samping psikologis seperti depresi dan rasa emosional. Sekitar 40% wanita yang melakukan aborsi mengklaim mengalami masalah emosional yang parah.

Selain gastrul, obat sejenis lainnya adalah cytotec. Obat ini banyak dijual di beberapa situs online. Harga per strip (berisi 10 pil) dijual kisaran harga Rp 300 ribu. Obat ini sering digunakan untuk menggugurkan kandungan atau aborsi.

Berdasarkan keterangan dari seorang penjaga apotek yang menjual obat tersebut di Jambi, ia mengatakan bahwa cara mengkonsumsi obat tersebut adalah tiga kali per hari. Satu butir untuk sekali minum.

“Kalau kandungan di bawah tiga bulan, paling lamo tiga hari. Beres,” ujarnya.

Di kota yang sama, didapatkan juga penjaga apotek di Simpang Pulai yang mengakui obat aborsi.

“Ada juga orang yang saya minta Rp 2,7 juta,” ujar wanita berumur 60-an tahun.

Dikatakannya, obat penggugur yang disediakannya terdiri dari empat jenis obat berbeda. Kemudian diraciknya supaya dapat berfungsi dengan maksimal. Harga obat cukup mahal, bahkan salah satunya ada yang harus ditebus Rp 100 ribu per butir.

Biasanya pasien mengonsumsi obat tersebut antara tiga sampai empat hari. Tergantung dengan kekuatan rahim yang bersangkutan. Bahkan ada pasiennya yang dapat menggugurkan kandungan pada hari kedua mengonsumsi obat yang diraciknya. Hari ketiga dan keempat tinggal masa pembersihan sisa darah.

“Orang yang sudah saya tolong (menggugurkan kandungan, Red) tidak hanya di Jambi. Sampai di Padang juga,” ujarnya. Dikatakannya, selama ini yang paling banyak meminta bantuannya untuk menggugurkan kandungan adalah mahasiswi.

Menurutnya, obat tersebut harus dikonsumsi selama tiga atau empat hari. Sekali pakai empat jenis obat. Tiga butir obat digunakan dengan cara diminum, sementara satu butir lainnya dimasukkan ke dalam mulut rahim. Obat yang dimasukkan ke mulut rahim berfungsi untuk membuka mulut rahim sehingga janin dapat keluar dengan mudah. “Yang tiga butir itu fungsinya untuk mendorong janin keluar,” ujarnya lagi.

Menurut wanita yang mengaku sudah mengelola toko obat selama puluhan tahun ini, keempat jenis obat tersebut sebenarnya dapat ditemukan di hampir semua apotek. Namun racikan dan kombinasi obatnya harus benar-benar pas. Sehingga bisa bekerja maksimal.

Bahkan wanita tersebut juga mengatakan seorang anaknya yang bekerja sebagai perawat, dapat membantu memasukkan pil tersebut ke dalam rahim. “Masukkannya (ke dalam rahim, Red) harus tepat. Biar kerjanya juga maksimal,” katanya.

Menurut , sebenarnya obat merk cytotec bukan digunakan untuk menggugurkan kandungan, tetapi untuk mengobati penyakit lambung atau pencernaan. Hingga saat ini, produk tersebut masih disalahartikan sebagai produk aborsi.

Sebagai solusi terbaik, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi obat-obatan tersebut, tetapi disarankan memeriksakan diri ke spesialis kandungan.

Loading...