Dihitung Per Ons, Harga Kepiting Cak Gundul Kisaran Rp 105.000-150.000 Per Porsi

Kepiting Cak Gundul -(Sumber: pasuruan-travel.com)Kepiting Cak Gundul -(Sumber: pasuruan-travel.com)

Apabila Anda merupakan seafood, khususnya kepiting, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kepiting Cak Gundul. Resto yang ada di daerah Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur ini memang sudah terkenal dengan kelezatan olahan kepitingnya. Bumbu yang royal ditambah daging kepiting yang tebal dan fresh dinilai sebagai alasan menyukainya.

Harga menu kepiting di Cak Gundul dihitung berdasarkan berat kepiting per onsnya. Rata-rata harganya sekitar Rp 105.000-150.000 per porsi. Bagi beberapa orang, satu porsinya dianggap sudah cukup banyak. Untuk hidangan kepitingnya sendiri, dapat diolah menjadi asam manis, kare, mentega, rebus, atau bumbu. Anda dapat memilih sesuai selera.

Untuk mengolah seafood seperti kepiting menjadi sebuah hidangan lezat, tentunya diperlukan teknik atau cara memasak yang benar. Seperti yang dikatakan oleh Ana Sofiah, makan seafood mengatakan, “Membuat olahan dari ikan laut harus fresh, seperti kepiting, pilihlah kepiting yang masih hidup. Jangan membeli kepiting yang sudah mati, karena akan mempengaruhi rasa kepiting itu sendiri.”

Selain itu, seafood biasanya identik dengan baunya yang amis. Pemilik restoran seafood, The Holy Crab, Albert Wijaya mempunyai tipsnya. “Jika seafoodnya segar, amis tidak akan terlalu kentara. Tetapi jika menemukan amis, ada banyak cara yang mudah untuk menghilangkan amis.”

Hal pertama yang harus dilakukan adalah sesuai dengan saran Ana Sofiah, pilih yang segar. seafood segar biasanya tidak memiliki aroma amis yang terlalu kuat. Untuk beberapa jenis seafood, misalnya kepiting, sebaiknya dipilih yang masih hidup.

Tetapi, kalau memang terpaksa harus mendapatkan seafood frozen, sebaiknya pastikan seafood tersebut juga masih segar. “Artinya, seafoodnya setelah ditangkap baru dibekukan, soalnya di Indonesia kebanyakan yang dibekukan adalah seafood sisa yang tak laku ,” kata Albert.

Kedua, menggunakan bawang putih. Aromanya yang kuat dinilai tidak hanya akan menutupi bau amis dari seafood, tetapi juga dapat memberikan rasa gurih pada dagingnya. Anda dapat mencincang atau membalurkan langsung di atas seafood.

Cara selanjutnya adalah memakai lemon dan jeruk nipis. Lemon atau jeruk nipis akan memberi rasa segar dan aroma citrus dalam daging seafood. “Selain itu, jeruk lemon atau jeruk nipis itu bagus juga untuk menghilangkan aroma amis yang pekat,” tambah Albert.

Selain dilumuri ke atas seafood, perasan jeruk nipis atau lemon ini juga bisa dipotong-potong dan disteam bersama dengan seafood. “Caranya, potongan jeruk ini diletakkan di dalam air steamnya, lalu disteam bersama seafoodnya,” tambahnya.

Bahan selanjutnya yang dapat dipakai adalah jahe. Ternyata, jahe tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan. Jika dipadukan dengan seafood, jahe dinilai sangat efektif untuk menghilangkan amis pada seafood.

 

Loading...