Digunakan Untuk Perekat Hebel, Harga Mortar Utama (MU) 380 Rp160 Ribuan

Harga, mortar, perekat, hebel, pemasangan, bata, ringan, utama, MU, 380, semen, instan, bahan,Mortar (mediarooang.com)

Mortar, atau dikenal juga dengan spesi adalah campuran dari pengikat (, kapur), pengisi () dan air. Salah satu kegunaan dari mortar atau adukan pada pasangan bata ringan (hebel) adalah sebagai pengikat antara bata yang satu dengan bata yang lainnya.

Saat ini hampir setiap rumah dengan modern menggunakan hebel daripada batu bata. Selain harganya yang dapat dikatakan lebih murah, hebel memiliki banyak kelebihan lain seperti memiliki tingkat presisi lebih tinggi, mampu menyerap panas dan suara. Jika dalam pemasangan batu bata dibutuhkan campuran semen dan pasir, berbeda halnya dengan pemasangan hebel.

Anda tidak membutuhkan pasir untuk membuat adukannya, namun hanya menggunakan semen, sehingga biaya pembelian pasir bisa terpangkas. Namun, semen yang digunakan bukan seperti semen pada umumnya, melainkan atau mortar.

Penggunaan semen instan ini dirasa lebih praktis dan mudah, serta membantu proses pengerjaan pemansangan hebel lebih cepat karena tidak membutuhkan pasir atau tambahan lain. Hanya perlu menambahkan air secukupnya sampai membentuk adonan yang pas untuk memasang hebel.

Merek semen instan yang cukup terkenal di tengah masyarakat Indonesia adalah Mortar Utama atau MU. Semen instan merk MU ini memiliki range yang berbeda-beda tergantung dari jenis semen MU itu sendiri, ada yang fungsinya untuk dinding, lantai, ataupun untuk pemasangan keramik. Untuk perekat hebel atau bata ringan, Anda bisa memilih Mortar Utama-380 (MU-380) yang dijual di pasaran seharga Rp160.000 untuk kemasan 1 sak isi 40 kg.

Mortar Utama sendiri hadir di Indonesia sejak tahun 1996 lalu dan menjadi perusahaan nasional pertama yang memproduksi semen instan siap pakai dengan menggunakan teknologi modern. Untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang semen instan Mortar dan Mortar Utama-Weber, Joni Kho, General Manager Product Mortar Utama-Weber, mengatakan perusahaannya menggelar sosialisasi kepada masyarakat umum baik profesional maupun rumah tangga, termasuk memberikan edukasi tentang bagaimana membangun dinding, memasang keramik dan pekerjaan konstruksi lainnya yang baik dan berkualitas.

“Mortar sendiri artinya campuran semen dan pasir. Secara teknis dalam dunia kontruksi, semen instan dikenal dengan istilah Premixed Mortar atau Dry Mortar. Premixed Mortar berarti adukan yang sudah dicampur sebelumnya, sesuai dengan peruntukannya,” terang Joni Kho, dilansir dalam laman Weber.

Berbeda dengan semen tradisional atau konvensional, proses pembuatan semen instan atau mortar telah memakai teknologi modern yang terkomputerisasi. Hal ini bertujuan agar pencampuran atau mixing antar penyusunnya sesuai standar, dan kualitasnya terjaga dengan baik.

Bahan yang dipakai dalam pembuatan semen instan Mortar Utama juga berbeda. Apabila semen konvensional hanya memakai satu bahan saja, maka semen instan adalah campuran dari semen, pasir silika, zat aditif dan beberapa bahan material lain yang bisa dicampur menjadi satu.

Pada kebiasaan tradisional itu, sebelum melakukan pekerjaan seperti merekatkan bata atau keramik atau pekerjaan lainnya, tukang terlebih dahulu mencampurkan semen dan pasir yang terpisah dengan takaran tertentu. Sementara Premixed Mortar sudah masuk dalam satu kemasan. Hanya tinggal dimasukkan dalam wadah untuk diaduk dengan air.

Loading...