Digunakan Untuk Pembuatan Sabun dan Deterjen, Harga NaOH Cair Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Harga, NaOH, cair, di, pasaran, per, kg, natrium hidroksida, senyawa, bahan, kimia, proses, produksi, pembuatan, sabun, deterjen, filter, air, basa, logam, kaustik, soda kaustik, soda api, sodium hidroksida, kayu, kertas, sifat, fungsi, korosif, asam, merek, bahan baku, minyak, lemak, larutanIlustrasi: cairan kimia NaOH

Anda tentu sudah tidak asing dengan natrium hidroksida atau NaOH. berbentuk cair ini kerap digunakan untuk proses produksi bubur kayu dan kertas, proses filterisasi air, hingga proses pembuatan dan deterjen. NaOH cair yang ada di tersedia dalam beberapa merek. beragam, mulai dari yang paling murah Rp35 ribuan hingga Rp500 ribuan per kg.

Natrium hidroksida (NaOH), juga dikenal sebagai soda kaustik, soda api, atau sodium hidroksida, adalah sejenis basa logam kaustik. Natrium Hidroksida terbentuk dari oksida basa Natrium Oksida dilarutkan dalam air. Natrium hidroksida membentuk larutan alkali yang kuat ketika dilarutkan ke dalam air.

Digunakan di berbagai macam bidang industri, kebanyakan digunakan sebagai basa dalam proses produksi bubur kayu dan kertas, tekstil, air minum, sabun dan detergen. Natrium hidroksida adalah basa yang paling umum digunakan dalam laboratorium kimia. Natrium hidroksida murni berbentuk putih padat dan tersedia dalam bentuk pelet, serpihan, butiran ataupun larutan jenuh 50% yang biasa disebut larutan Sorensen.

NaOH memiliki beberapa sifat, yakni lembap cair dan secara spontan menyerap karbon dioksida dari udara bebas, sangat larut dalam air dan akan melepaskan panas ketika dilarutkan, karena pada proses pelarutannya dalam air bereaksi secara eksotermis, juga larut dalam etanol dan metanol, walaupun kelarutan NaOH dalam kedua ini lebih kecil daripada kelarutan KOH. NaOH tidak larut dalam dietil eter dan pelarut non-polar lainnya.

Larutan natrium hidroksida akan meninggalkan noda kuning pada kain dan kertas. Fungsi NaOH dalam proses filter air adalah sebagai media regenerasi untuk jenis resin anion. NaOH ini harus ditempatkan tersendiri di dalam brine tank dan dihubungkan melalui selang menuju tangki utama yang berisi media filter resin anion. Pada saat terjadi regenerasi maka NaOH akan bercampur ke dalam tangki utama dan akan mengaktifkan kembali resin anion yang awalnya sudah jenuh.

Selain digunakan untuk memfilter air, NaOH juga digunakan dalam proses pembuatan sabun yaitu NaOH 30%. NaOH 30%, arti secara sederhana adalah melarutkan 30 gr NaOH dengan air sebanyak/seberat 100 gram, (100 ml dan 100 gr sama khusus untuk air). NaOH merupakan alkali yang bersifat basa dan mampu menetralisir asam.

Fungsi NaOH dalam pembuatan sabun adalah sebagai utama selain minyak atau lemak. Ketika NaOH atau sodium hidroksida dicampurkan dengan minyak atau lemak, maka saponification reaction terjadi. Hasilnya, terbentuklah sabun.

“Namun, tak perlu khawatir dengan sifat korosif yang dihasilkan, karena sabun yang kita pakai bukan lagi NaOH. Sabun adalah senyawa hasil reaksi antara NaOH atau KOH dengan minyak (fatty acid) melalui reaksi saponification. Sabun tentu memiliki sifat kimia yang berbeda dengan NaOH,” terang Lukman, penulis di laman Proses Produksi.

Loading...