Digunakan Untuk Obati Batuk dan Diare, Ini Kisaran Harga Tanaman Jeruk Kingkit

Buah jeruk kingkit (sumber: Bukalapak)Buah jeruk kingkit (sumber: Bukalapak)

Ada banyak dari , salah satunya adalah kingkit. kingkit merupakan yang seringkali dianggap sebagai hias untuk memperindah ruangan atau pemandangan saja. Hal tersebut dikarenakan jeruk dapat tumbuh tinggi. Tidak hanya itu, jeruk kingkit juga mempunyai bentuk yang sangat unik dan menarik, sehingga sangat cocok ketika dijadikan hias.

Jeruk yang satu ini pantas dipertimbangkan ditanam di halaman rumah. Buahnya enak dimakan segar ketika sudah matang, rasanya manis sedikit asam dengan aroma harum. Buah ini mengandung limonene yaitu zat aromatik peluruh dahak sehingga cukup efektif untuk meredakan sakit tenggorokan. Tidak berlebihan rasanya jika jeruk kingkit disebut batuk.

Menurut Dekan Fakultas Unisma, Dr Ir Nurhidayati MP, Jeruk Kingkit bisa mengatasi batuk. Caranya, ambillah segenggam Jeruk Kingkit yang telah masak, dengan ciri warna merah tua. Bersihkan saat sebelum diproses, lalu tuang 1 gelas air panas serta masukkan Jeruk Kingkit ke dalamnya.

Biarkan sekitar 5-10 menit. Campur madu murni bila mau manis alami. Untuk pasien kencing manis, sebaiknya tanpa ada pemanis madu atau gula. “Jeruk Kingkit mempunyai senyawa linalool, sejenis tipe alkohol alami dengan manfaat antiseptik, anti jamur, serta menenangkan,” katanya kepada MVoice.

Selain itu, Jeruk Kingkit juga bisa mengatasi sakit diare. Caranya mudah, siapkan daun jeruk kingkit 7 lembar, air 110 ml, direbus hingga mendidih selama 15 menit, diminum 3-4 kali dalam satu hari.

Jeruk kingkit juga sangat populer ditanam sebagai bonsai. Karakter daun yang kecil-kecil dan cukup tebal menjadi bahan bakalan bonsai yang ideal. Bonsai jeruk kingkit disukai para penghobi bonsai karena selain mudah tumbuh juga relatif mudah dibentuk. Proses training bahan bonsai untuk meminikan ukuran daun tidak harus dilakukan secara ekstrem, karena ukuran daun sudah relatif kecil.

Pohon ini juga rajin mengeluarkan buah-buah kecil berdiameter sekitar 1,5 cm. Saat masih mentah buah berwarna hijau, ketika sudah matang akan berubah warna menjadi merah tua. Dimensi daun dan buah cukup proporsional, sehingga terlihat atraktif sebagai pohon buah dewasa namun berukuran mini.

Limeberry atau jeruk kingkit ini memiliki nama berbeda-beda di setiap daerah. Nama jeruk kingkit sendiri adalah sebutan dalam Bahasa Jawa, di Sunda disebut kingkip. Di daerah Madura disebut jeruk rante, dan di Makassar disebut lemo-lemo.

Tidak rugi menanam pohon multifungsi ini di halaman rumah, atau ditanam dalam pot sebagai tabulampot. Selain berfungsi sebagai tanaman hias yang menghijau-segarkan halaman, sekaligus menjadi apotik hidup penyedia obat herbal segar setiap saat dibutuhkan. Jika buahnya untuk obat batuk, daunnya juga tidak kalah berkhasiat untuk mengatasi diare.

Jeruk kingkit paling banyak dibudidayakan di Malaysia dan Indonesia. Para orangtua kita terdahulu menanam jeruk kingkit untuk mengambil manfaat buahnya yang dapat dimakan. Selain manfaat di atas, tanaman ini juga dipercaya memiliki beberapa khasiat lain dalam tradisional.

Kingkit telah dibudidayakan secara luas ke daerah subtropis di Asia, bahkan hingga ke daerah tropis di dunia. Saat ini perkembangan tanaman ini telah dinaturalisasi ke beberapa pulau di Samudera Pasifik. tanaman jeruk kingkit sendiri cukup bervariasi, mulai kisaran Rp150 ribu hingga Rp2,5 jutaan.

Loading...