Digunakan untuk Obat Anti Inflamasi, Licodexon Dijual dengan Harga Murah di Apotek

Harga Licodexon - shopee.co.idHarga Licodexon - shopee.co.id

Penggunaan -obatan steroid memang tidak boleh sembarangan. Oleh sebab itu obat-obatan steroid umumnya digolongkan sebagai obat keras yang penjualannya dibatasi dan hanya dapat dibeli dengan . Salah satunya seperti Licodexon. Licodexon adalah obat yang memiliki kandungan Dexamethasone 0,5 mg dalam tiap tabletnya. Obat ini kerap digunakan untuk agen anti alergi, imunosupresan, anti inflamasi, dan anti shock yang sangat kuat. Licodexon di apotik berkisar mulai Rp 159 per tablet.

“Obat ini 20-30 kali lebih kuat daripada hidrokortison dan 5-7 kali lebih kuat daripada prednison. Dexamethasone bekerja dengan cara menembus membran sehingga akan terbentuk suatu kompleks steroid-protein reseptor. Di dalam inti , kompleks steroid-protein reseptor ini akan berikatan dengan kromatin DNA dan menstimulasi transkripsi mRNA yang merupakan bagian dari sintesa protein,” demikian seperti dilansir Farmasiana.

“Sebagai anti inflamasi, obat ini menekan migrasi neutrofil, mengurangi prostaglandin (senyawa yang berfungsi sebagai mediator inflamasi), dan menyebabkan dilatasi kapiler. Hal ini akan mengurangi respons tubuh terhadap kondisi peradangan (inflamasi).”

Indikasi Licodexon biasanya digunakan untuk berbagai kondisi inflamasi seperti radang reumatik, radang usus, radang pada ginjal, radang pada mata, radang karena asma, dan radang pada tempat lainnya. Bahkan dalam beberapa kasus, Licodexon juga kerap diberikan pada ibu hamil yang mempunyai risiko melahirkan secara prematur. “Pemberian obat ini bertujuan untuk mematangkan organ paru-paru janin. Untuk tujuan ini, pengobatan harus dilakukan dengan pengawasan yang ketat dari dokter karena penggunaan obat ini secara tidak tepat dapat meningkatkan risiko kecacatan janin.”

Obat produksi Berlico Mulia Farma ini biasanya terdiri dari 10 tablet per strip. Jadi jika membeli 1 strip isi 10 tablet, maka harganya diperkirakan sekitar Rp 1.590. Dosis atau aturan minum obat Licodexon adalah 0,5-10 mg per hari yang dibagi dalam 2-4 kali pemberian. Pada pemakaian jangka lama, dosis kabarnya harus diturunkan secara bertahap agar menghindari terjadinya insufisiensi adrenal akut. Obat Licodexon bisa dibeli di toko obat atau apotik-apotik terdekat seperti Apotek K24, Kimia Farma, atau apotek-apotek lainnya.

Loading...