Digunakan untuk Menjaga Suhu & Display, Harga Mesin Gelato Showcase Mulai Rp 10 Jutaan

Mesin Gelato Showcase - astromesin.comMesin Gelato Showcase - astromesin.com

Sajian dessert dingin seperti , gelato, dan sorbet memang sedang di kota-kota besar. Seperti halnya saat berjualan es krim, gelato pun membutuhkan suatu showcase yang berfungsi sebagai tempat pendingin sekaligus tempat display untuk memajang sejumlah rasa gelato yang dijajakan. mesin gelato show case ini variatif, tergantung , spesifikasi, dan ukurannya.

Sebagai contoh, mesin gelato Showcase merk Gea static cooling RTD67L dijual dengan harga sekitar Rp 13,5 jutaan, ada juga Gelato Showcase Static Cooling SD 260ICS Astro seharga Rp 10,95 jutaan, hingga mesin gelato showcase Maksindo model Sunny-24 dengan pan/hole 24/16 yang harganya mencapai Rp 197,4 jutaan.

Menurut Josua Tenggara, pemilik bisnis Ilvero Gelato di Jakarta Selatan, karakter gelato berbeda dengan ice cream biasa. Gelato mempunyai tekstur yang lebih padat dari es krim premium, dengan rasa yang lebih kuat, dan lebih lembut di lidah. Akan tetapi gelato lebih mudah meleleh apabila diletakkan di luar lemari pendingin. Oleh sebab itu penggunaan showcase atau pendingin amat penting.

Kafe milik Josua ini menyajikan 12 varian rasa gelato klasik yang diadaptasi dari Italia. Namun ke depannya pria ini juga bisa mengembangkan hingga 18 rasa lantaran pengaruh buah-buahan yang hanya ada di musim-musim tertentu. “Yang ditampilkan di showcase 12 rasa sebenarnya bisa sampai 16-18. Kandungan gelato lebih pekat tapi tetap liat untuk dioles karena kandungan udara hanya mencapai 20 persen,” ujar Josua, seperti dilansir Dream.

Lebih lanjut, Josua menerangkan bahwa di Italia sana rupanya gelato bukan dipajang di showcase layaknya di , tetapi ditaruh di sebuah wadah bernama pozzetti atau carapina, yakni semacam baskom yang digunakan untuk berjualan. “Di Italia gelato adalah culture jadi mereka cari rasanya. Mostly yang rasa kacangnya kenceng banget di lidah dan jualannya nggak akan kayak kita dipajang gini,” ungkap Josua.

Selain itu, di Italia gelato juga bukan dijual di sebuah kafe mewah layaknya di Tanah Air, melainkan dijual di gang-gang kecil dan ditunggui oleh paruh baya. Toko-toko gelato di Italia pun biasanya tak menyediakan tempat duduk, pasalnya orang-orang Italia lebih banyak yang langsung pergi setelah selesai membeli gelato.

Loading...