Digunakan untuk Mengelas, Ini Kisaran Harga Gas Argon per Tabung

Gas Argon - teknikmesin.orgGas Argon - teknikmesin.org

Bagi Anda yang telah berpengalaman bekerja di workshop atau dunia pengelasan, pasti sudah tidak asing lagi dengan gas argon. Ini adalah gas yang sering digunakan untuk mengelas material , mild, stainless steel, light alloy, titanium, hingga magnesium. Di pasaran sendiri, atau isi ulang gas argon per tabung berkisar Rp80 ribuan hingga Rp300 ribuan, tergantung volume atau ukurannya.

“Argon dengan lambang rumus kimia Ar memiliki sifat tidak ada warna, tidak ada , tidak berbau, tidak beracun, tidak mudah terbakar, tidak membuat karat, dan salah satu gas yang bersifat inert,” tulis PT Gas Depo Industry dalam resminya. “Dalam skala , gas ini diproduksi di pemisahan udara yang membagi, menyaring, memampatkan, dan mendinginkan udara menjadi oksigen, nitrogen, dan argon.”

Situs yang sama melanjutkan, dibandingkan pengelasan lainnya, las argon diklaim lebih bersih, selain juga hasil yang sangat rapi dan halus, bisa menjangkau posisi sempit tanpa mengorbankan tampilan. Hasil las ini juga tetap bisa kecil dan lurus, dan bisa digunakan untuk material dengan ketebalan logam 50 mm atau lebih sampai dengan 1 mm, bahkan lebih tipis lagi.

Sementara itu, blog Oksigen Asia menambahkan bahwa selain digunakan untuk mengelas, gas argon juga umum dipakai untuk mengisi bola lampu pijar, tabung lampu fosfor, tabung lampu radio thyratron, dan juga sebagai gas pembawa dalam kromatografi. Meski demikian, jika argon menggantikan oksigen di udara, dapat menyebabkan sesak napas karena udara yang mengandung oksigen kurang dari 16 persen sangat berbahaya.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak pedagang yang menawarkan gas argon. Di salah satu situs jual beli , isi ulang gas argon dipatok mulai Rp80 ribuan per tabung dengan volume 1 meter kubik. Sementara, pedagang yang lain menawarkan isi ulang gas argon dengan harga Rp230.000 hingga Rp360.000 per tabung. Jika Anda membutuhkan tabungnya, harganya saat ini mulai Rp700 ribu sampai Rp1 jutaan.

Loading...