Digunakan Untuk Membuat Trotoar, Harga Floor Hardener Per Kg Sekitar Rp 3 Ribuan

harga, floor, hardener, per, kg, trotoar, material, padat, tahan, lama, warna, natural, lebih, tinggi, merek, sika, Faricon, Fosroc, dan, Ultrachem, high heels, penyandang, disabilitas, jakarta, utara, bina, marga, adalah, merkIlustrasi: trotoar yang dibangun menggunakan floor hardener

Apakah Anda yang memakai high heels atau hak tinggi seringkali kesulitan berjalan di ? Jika iya, kini Anda tidak perlu khawatir. Khususnya bagi penduduk Kota Jakarta. Hal itu dikarenakan Sudin Bina Marga Jakarta Utara melakukan yang ramah bukan saja bagi pengguna high heels, tetapi juga penyandang disabilitas.

Sebelumnya, trotoar menggunakan paving block. Untuk menjadikannya ramah bagi pengguna jalan, terutama yang memakai hak tinggi dan disabilitas, trotoar paving dihancurkan dan diganti dengan menggunakan floor hardener dan stamp concrete.

“Kalau trotoar dulunya kan materialnya dari paving block. Kalau paving block itu kan masih ada sela-selanya, sehingga kalau pengguna high heels bisa masuk ke dalam atau ke sela-selanya itu. Untuk itu, trotoar di Kelapa Gading, Jalan Yos Sudarso ini akan menggunakan floor hardener dan stamp concrete untuk menggantikan paving block yang masih menimbulkan celah-celah di atasnya,” kata Kepala Seksi Kelengkapan Pra Sarana Jalan dan Jaringan Utilitas Sudin Bina Marga Jakarta Utara, Libertus Sagata.

Dengan menggunakan floor hardener dan stamp concrete, menurut Libertus, kedua material itu tidak akan membuat trotoar memiliki lubang atau celah sehingga dapat dipastikan tidak mengganggu kenyamanan pengguna high heels ketika berjalan.

“Nanti juga ada dekoratif yang juga tidak akan mengganggu pengguna high heels dan penyandang disabilitas. Permukaan trotoar akan memiliki motif ombak dengan paduan antara lain yaitu kuning, hijau, merah dan abu-abu,” ujar Libertus kembali.

Untuk salah satu material yang digunakan, yaitu floor hardener terbilang murah, sekitar Rp 3 ribuan per kg untuk warna natural. Untuk warna hijau, harganya lebih tinggi, yaitu sekitar Rp 10 ribuan per kg. Di pasaran, yang paling dikenal adalah Sika. Selain itu, merk lain seperti Faricon, Fosroc, dan Ultrachem juga dinilai memiliki kualitas yang bagus.

Floor hardener sendiri adalah material berbentuk bubuk (powder) yang ditaburkan pada basah dan kemudian dilakukan finishing dengan menggunakan mesin trowel, sehingga akan menghasilkan permukaan yang lebih keras, tetapi rata dan halus serta mudah dibersihkan. Floor hardener berguna untuk meningkatkan kekerasan , kemampuan ketahanan abrasi dan meminimalisir debu pada permukaan .

Selain dibangun dengan menggunakan material yang diklaim lebih padat dan , trotoar ramah pengguna high heels dan penyandang disabilitas ini akan dibangun lebih lebar dari sebelumnya.

“Jika sebelumnya trotoar itu berkisar dua meter, saat ini, trotoar akan punya lebar sekitar 3,5 meter. Pelebaran di trotoar tersebut menggunakan existing atau juga di lajur sisa jalan sehingga tidak sedikitpun mengurangi lajur di jalan yang sudah ada dan tidak menimbulkan kemacetan,” tutur Libertus.

Tidak hanya di Jalan Yos Sudarso, trotoar ramah pengguna jalan juga akan dibangun di wilayah Kelapa Gading lainnya seperti di Jalan Perintis Kemerdekaan. Selain di Kelapa Gading, trotoar juga akan dibangun di lima kecamatan lainnya yaitu Pademangan, Penjaringan, Tanjung Priok, Koja, dan Sunter. “Anggaran totalnya Rp 42 miliar, jadi masing-masing kecamatan dapat Rp 7 miliar. Itu sudah termasuk boks utilitas, bangku taman, dan dekoratif betonnya,” tambah Libertus.

Loading...