Digunakan Untuk Kemasan Produk Hingga Kegiatan Promosi, Berikut Harga Cetak Stiker

Harga, cetak, stiker, bahan, jenis, kertas, ukuran, A4, kromo, A5, per, lembar, vinyl, transparan, usaha, percetakanStiker (printaholic.com)

banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan. Di sekitar kita banyak sekali barang-barang yang umum dilengkapi , misal untuk kemasan , bodi mobil atau motor, mainan anak-anak, bahkan untuk keperluan wisata dan masih banyak lagi. Harga cetak sticker di percetakan cukup beragam, biasanya sesuai dengan dan atau yang digunakan.

Pemilihan bahan dalam pembuatan stiker tentunya disesuaikan dengan keperluan tiap orang. Adapun bahan atau jenis kertas yang umum digunakan untuk membuat stiker adalah kromo, HVS, plastik, ataupun vinyl. “Stiker yang dilayani di sini stiker baik yang satu atau dua warna maupun full color dengan proses cetak offset ataupun digital printing, juga melayani stiker dengan proses sablon. Dengan bahan dasar kertas stiker cromo, vinyl,  hvs, atau yang lainnya,” ujar salah seorang pemilik usaha percetakan.

Stiker kromo biasanya banyak digunakan untuk label kemasan seperti botol minuman, kecap, saus, dan stiker untuk ditempel di dalam ruangan/tempat terlindung dari hujan (karena jenis kertas ini relatif tidak tahan lama jika kena air), kecuali jika dilakukan penanganan dan finishing lebih lanjut seperti dilaminasi, yang memungkinkan stiker bisa lebih kuat/lebih tahan. Stiker kromo juga banyak digunakan untuk promosi calon legislatif. Untuk kegiatan sensus (penanda data sensus) juga banyak digunakan stiker jenis ini.

Sementara untuk jenis stiker vinyl biasanya digunakan untuk stiker di luar ruangan, seperti untuk ditempel di mobil, billboard, kemasan botol yang direndam di air, dan sebagainya. Termasuk banyak pemesan yang menggunakan stiker ini untuk label galon air mineral, atau kemasan minuman lainnya. Kelebihan dari stiker berbahan plastik vinyl ini, tahan terhadap air, walaupun direndam dalam waktu yang relatif lama, atau dicuci berkali-kali.

Harga cetak stiker kromo ukuran A4 (persegi ukuran 210mm x 300mm sekitar Rp1,1 juta per 500 lembar, sementara untuk pemesanan lebih dari 2000 dihargai Rp1.000 per lembarnya. Kemudian untuk kromo ukuran A5 Rp800.000 per 500 lembar, dan Rp500 per lembar untuk pemesanan lebih dari 4000 lembar. Sedangkan, untuk stiker berbahan vinyl transparan dibanderol dengan harga Rp3.500 hingga Rp5.000 per lembar ukuran A4. Namun semakin banyak pemesanan, maka akan semakin murah harga per lembarnya.

Tiap lembar A4 tersebut bisa dipotong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil, misalnya menjadi ½, ⅓, ¼ halaman, dan lain-lain. Atau juga bisa dengan bentuk lainnya seperti bulat dan oval. Dalam satu lembar bisa juga terdiri dari satu atau beberapa .

Proses cetak stiker juga ikut menentukan harga stikernya. Anda bisa memilih untuk mencetak stiker dengan proses sablon, digital printing, cetak dengan mesin kecil, atau menggunakan mesin offset besar. Harga tiap proses pembuatan stiker serta kelebihan dan kekurangannya tentu saja berbeda.

Loading...