Digunakan untuk Deteksi Infeksi Sinus, Berapa Biaya Rontgen Sinusitis?

Rontgen Sinusitis - www.rsi.co.idRontgen Sinusitis - www.rsi.co.id

Infeksi sinusitis memang merupakan yang tak bisa dianggap sepele. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh organisme menular seperti virus dan . Pemeriksaan mengenai ada atau tidaknya infeksi sinusitis pada seseorang bisa dilakukan dengan berbagai , mulai dari rontgen hingga CT scan . rontgen sinusitis cukup beragam, di Jakarta mulai dari Rp 110 ribuan dan ada pula yang menarik lebih dari Rp 200 ribu.

Rontgen sinus (sinus paranasal) biasanya dilakukan oleh seseorang yang diduga menderita penyakit sinusitis, baik akut maupun kronis. sinusitis yang umum terjadi adalah hidung tersumbat yang dibarengi ingus kental berwarna putih, kuning, atau kehijauan. Selain itu, penderita juga mungkin mengalami kepala bagian depan terutama di sekitar , telinga, demam, tenggorokan, hingga berkurangnya sensitivitas penciuman.

Meskipun biasanya disebabkan virus dan bakteri, tetapi para ahli tak sepenuhnya setuju jika infeksi sinusitis dapat menular. Pasalnya, infeksi sinusitis dapat diakibatkan oleh banyak . “Infeksi sinusitis dapat disebabkan virus atau bakteri yang menyebabkan inflamasi sehingga sinus akan tertarik ke hidung,” ujar dokter spesialis THT Lisa Liberatore, seperti dilansir Health melalui Liputan6.

Sinus adalah serangkaian rongga tulang tengkorak yang fungsinya mencegah partikel asing seperti debut atau bakteri masuk dalam tubuh. Sinus tersebut dilapisi mukus untuk menjebak partikel-partikel tersebut. Kemudian bulu-bulu rambut kecil yang disebut cilia akan menyapu lagi partikel tersebut untuk dikeluarkan dari tubuh.

Lebih lanjut dr. Lisa menuturkan jika inflasi bisa menyebabkan lendir terjebak, sehingga kuman bisa tumbuh dan menyebabkan infeksi sinus atau yang lebih dikenal dengan istilah sinusitis. Hal lain yang membuat sinus seseorang tertutup ternyata juga bisa menyebabkan sinusitis. Infeksi sinus akut biasanya berlangsung hingga 10 hari, dan kebanyakan disebabkan virus. Meski bakteri dan jamur juga kadang bisa jadi pemicunya.

Otolaryngology Noah Stern mengungkapkan jika penularan infeksi sinus tergantung pada penyebabnya. “Alergi ataupun masalah terkait inflamasi dapat menyebabkan infeksi sinus tanpa komponen risiko akan menular,” tandas Stern.

Loading...