Digunakan Sebagai Pengganti Tepung Terigu, Tepung Almond Dijual di Pasaran Mulai Harga Rp 32.300 Per 100gr

Tepung Almond - (Sumber: almond.my.id)Tepung Almond - (Sumber: almond.my.id)

Selain tepung terigu, tapioka, ketan, beras, yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam olahan atau , ada satu jenis tepung lagi yang kini mulai sering juga digunakan. Jenis tersebut adalah tepung almond.

Tepung almond sering dipakai sebagai pengganti tepung terigu dalam membuat kue. Tepung ini juga dikenal dengan sebutan almond meal. Jenis tepung ini dibuat dari kacang almond yang dihaluskan. Sebenarnya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, tetapi apabila Anda menginginkan hal yang praktis, dapat membeli tepung almond di kue, baik offline atau .

Harga tepung almond di pasaran berkisar Rp 32.300 (100gram/gr) sampai 1000 gram (gr) yang dijual seharga Rp 186.200. Salah satu website online di mana Anda dapat menemukan produk ini adalah blibli.com.

Hasil dari kacang almond yang dihaluskan tersebut banyak dibuat menjadi kue macaroon. Kue tersebut sempat booming pada beberapa waktu silam. Kue berbentuk bulat dengan isian dan bermacam warna itu cukup menarik tampilannya.

Dikarenakan berasal dari yang cukup premium, membuat harga kue macaroon menjadi lebih mahal dibanding kue-kue lain di pasaran. Tingginya minat terhadap kue tersebut menjadikan peluang bagi beberapa orang untuk menjadikannya bisnis.

Salah satu pemain lama dalam bisnis pembuatan macaron adalah Deasy Burdick, pemilik JTown . Ide untuk membuat kue asal Prancis tersebut berawal saat dia diberi oleh-oleh dari rekannya yang baru berlibur di Paris.

Saat pertama kali merasakan macaron, dia langsung jatuh cinta dan belajar untuk membuatnya. Bersama rekannya yang seorang pembuat kue, Deasy mulai menjual macaroon secara online melalui Jtowncake.com. Tak disangka, respons dari sangat baik.

“Kami hanya melayani pemesanan macaron tower untuk kawasan Jakarta, karena untuk pengirimannya harus hati-hati”, papar Deasy.

Selama menjalani bisnis ini, Deasy mengaku kendala utama yang dihadapinya adalah dari harga bahan baku yang terus naik. “Tepung almond semakin mahal, tetapi kami tidak mau mengorbankan dan rasa, sehingga terpaksa kami juga terus menaikkan harga jual seiring dengan kenaikan harga bahan baku,” paparnya kembali.

Tetapi, ada hal yang sebagian orang mungkin masih salah atau tidak sadar tentang penulisan yang benar tentang nama kue tersebut. Ada yang menuliskan macaron, ada juga yang menuliskan macaroon.

Sekilas terlihat mirip, tetapi ternyata kedua camilan manis tersebut adalah dua hal yang berbeda. Chef Jansen Chan, direktur of pastry operation di International Culinary Center mengungkapkan bahwa ia melihat kemiripan macaron dan macaroon sebagai kerabat jauh.

“Secara teknis, macaroon dan kata macaron dalam Bahasa Perancis adalah hal yang sama,” kata Chan. “Tapi dalam dunia pastry, keduanya adalah dua hal berbeda,” tambahnya.

Lebih jauh Chan menjelaskan bahwa macaroon adalah makanan manis yang dibuat dari kelapa, putih telur, dan gula. Setelah dikocok sampai mengembang dan kaku, adonan siap dicetak dan dipanggang sampai matang. Tekstur macaroon sendiri kenyal dan padat di bagian atasnya.

Sedangkan macaron, yang juga dikenal sebagai macaron Paris atau macaron Gerbet dibuat dengan tepung almond, putih telur, dan gula. Setelah dikocok sampai kaku dan dicetak, serta di panggang, lapisan atasnya akan mengering dan renyah. Macaron biasanya disajikan dengan tambahan selai dan dijepit dengan lapisan macaron lainnya. Macaron yang sering ditemui dan populer di berbagai belahan dunia lainnya adalah jenis macaron Paris yang terbuat dari tepung almond.

Loading...