Digunakan Sebagai Modalitas Terapi, Ini Harga Parafin Bath

harga, parafin, parafin bath, merek, parafin bath NP-20, parafin bath paracare, maxwel, terapi, fisioterapi, lilin, manfaat, kegunaan, pengobatan, tulang, sendi, cedera, tubuh, efek, aromaterapi, kesehatan, alat, efek samping, suhu, ukuranParafin bath untuk terapi kesehatan kaki (sumber: nailartmag.com)

Saat ini, penggunaan parafin bath sebagai modalitas terapi sudah sangat umum dan banyak digunakan di pusat-pusat rehabilitasi medis dan fisioterapi, terapi , spa. Terapi lilin parafin juga digunakan sebagai pengobatan pada cedera olahraga. Sesuai dengan tujuannya untuk mengurangi rasa nyeri pada dan sendi, menenangkan dan mempercepat proses penyembuhan.

Parafin bath merupakan salah satu alat fisioterapi yang menggunakan lilin sebagai media untuk menghantarkan panas. Di mana dengan mencampurkan parafin lilin dengan parafin oli yang dilelehkan, dan panas yang dihasilkan dapat digunakan sebagai terapi yang akan digunakan untuk mengatasi gangguan . Sehingga dengan menggunakan alat ini, juga bisa menjadi alternatif untuk menggantikan obat-obatan yang bisa menimbulkan efek samping. Sebab rata-rata dengan menggunakan alat ini hampir tidak memiliki efek samping.

Adapun manfaat dari alat fisioterapi ini adalah mengatasi nyeri dan kekakuan otot, menghindari spasme otot, meningkatkan range of motion sendi, mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit, meningkatkan atau melancarkan peredaran darah, dan memenuhi kebutuhan nutrisi pada jaringan tubuh yang berkaitan.

Komponen alami lilin parafin berasal dari minyak mineral mentah yang dihasilkan melalui proses penyulingan atau pemisahan lilin dari minyak mineral mentah tersebut. Proses pemurniannya melalui proses perebusan, pendinginan dan penyaringan menjadi zat lilin-minyak berat dan hasil akhir sebagai lilin parafin.

Lilin parafin yang awalnya beku berbentuk balok, biasanya diletakkan dalam wadah tertutup yang dilengkapi dengan elemen pemanas yang akan melelehkan lilin parafin tersebut dan mempertahankan suhunya agar cukup nyaman dan tidak terlalu panas saat digunakan yaitu antara sekitar 48.8°C – 57.2°C.

Lilin tersebut tidak berwarna, tidak berasa dan kadang diberi wewangian aromaterapi, tergantung dari tujuan terapi yang hendak diharapkan. Hasil uji laboratorium, lilin parafin ini cukup aman untuk penggunaan eksternal dan higienis.Pada bagian-bagian tubuh yang nyeri atau cedera, akan disiram atau dicelupkan pada suatu wadah yang berisi lilin parafin yang dilelehkan menggunakan suhu tertentu.

Efek panas yang diperoleh dari lilin yang mencair akan menenangkan (merelaksasi) jaringan lunak yang diterapi, membuka pori-pori dan meningkatkan aliran darah dan sirkulasi tubuh. Hal ini baik untuk mengurangi rasa sakit/nyeri, kekakuan otot dan sendi karena mampu menghilangkan kelebihan cairan di jaringan lunak sekitar.

“Sebelum melakukan terapi, semua bagian tubuh yang hendak direndam dalam lilin parafin harus bersih dari kotoran dan perhiasan apapun yang menempel pada kulit. Dianjurkan untuk mencuci bersih dan mengeringkan daerah yang akan diterapi sebelum sesi pengobatan,” demikian dilansir Kompasiana.

Bagian tubuh yang akan diterapi, dibiarkan terbenam beberapa saat dalam wadah yang berisi lilin parafin yang meleleh pada suhu tertentu dan kemudian diangkat dan didiamkan selama beberapa waktu sampai rasa hangatnya berkurang. Setelah itu bagian tubuh tersebut dicelupkan lagi ke dalam parafin cair selama beberapa menit dan diangkat lagi serta didinginkan. Begitu seterusnya diulang sampai 8-10x sampai lilin parafin yang menempel sudah tebal dan saat dicelupkan ke parafin cair pasien tidak merasakan panas lagi.

Di pasaran, ada beberapa jenis alat fisioterapi bath. Namun, yang paling populer adalah jenis Parafin Bath NP-20 dan Parafin Bath Paracare. Parafin Bath NP-20 banyak digunakan sebagai alat fisioterapi di klinik . Selain itu, parafin dengan jenis ini memiliki ukuran kecil sehingga tidak memakan tempat jika ingin menaruhnya di rumah. Serta, yang paling penting yaitu dengan menggunakan alat ini sangat hemat listrik.

parafin bath juga cukup beragam, mulai Rp850 ribuan hingga Rp2 jutaan. Merek Waxwel Paraffin Bath ditawarkan dengan Rp1,5 jutaan. Sementara merk Beurer Parafin Bath MPE 70 dijual dengan lebih yakni Rp1,7 jutaan.

Loading...