Digunakan Sebagai Campuran Membuat Slime, Harga Gliserin di Kimia Farma Rp 4 Ribuan

harga, gliserin, di, kimia, farma, murah, apotek, mainan, campuran, adonan, slime, senyawa, gula, alkohol, menyerap, air, dokter, produk, handbody, lotion, wajah, Gom, makanan, populerMenuangkan gliserin sebagai campuran membuat slime (youtube: Hacks Tak)

merupakan salah satu senyawa gula alkohol yang memiliki sifat menyerap . Dengan sifat itu, gliserin banyak terkandung dalam bermacam-macam jenis , terutama yang berfungsi untuk melembapkan.

Di pasaran, produk-produk mengandung gliserin dijual bebas. Contohnya, saja handbody lotion atau produk kimia untuk aplikasi kecantikan wajah lainnya, meski harus berdasarkan rujukan dan saran .

Salah satu tempat di mana Anda bisa mendapatkan gliserin adalah Apotek Kimia Farma. Di sini ada beberapa produk yang mungkin bisa ditemukan, termasuk Gom atau Borax Glycerin. Tidak seperti di negara lain, di Indonesia, bahan kimia seperti borax memang dijual secara terbatas. Pasalnya, berulang kali terjadi kasus penambahan bahan berbahaya borax ke dalam makanan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Borax Glycerin, sepertinya nama ini cukup familiar. Namun kalau Anda membayangkan borax sebagai bahan berbahaya yang biasa muncul di berita kriminal, itu bukanlah yang dimaksud. Borax Glycerin merupakan yang biasa dipakai sebagai campuran membikin mainan -anak, slime. Harganya termasuk , sekitar Rp 4 ribuan. Karenaborax juga cukup sulit dicari, orang-orang pun menggunakan alternatif bahan serupa borax, yakni Gom. Gom banyak dijual di apotek dengan yang cukup murah.

Di Amerika, borax dijual bebas sehingga siapapun bisa mendapatkannya. Di Indonesia, borax dijual terbatas. Karena itu dicari komposisi dari bahan lain yang serupa dengan borax. Ada beberapa yang bisa dipakai, salah satunya sariawan atau tetes mata.

Gom bisa didapatkan di sejumlah apotik besar seperti Apotek K24 maupun Kimia Farma. Harga Borax Glycerin Gom Cito 8 ml di Apotek K-24 berkisar mulai Rp 4.824 per botol. Gom sendiri memiliki komposisi borax glycerin 10% yang berfungsi untuk mengatasi sariawan, bibir kering, dan bibir pecah-pecah. Selain di apotek, saat ini banyak pedagang yang menjual Gom secara online di situs-situs e-commerce Indonesia.

Meski peruntukan Gom adalah sebagai obat sariawan, Gom kini justru lebih populer digunakan sebagai bahan slime. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan slime memang cukup mudah, yakni lem atau bahan rekat lainnya seperti maizena dan serbuk fiber. Kemudian dicampurkan dengan borax dan pewarna hingga memiliki tekstur yang sesuai dengan harapan. Jika terlalu cair, bisa ditambahkan bedak bayi untuk mengentalkan adonan. Jika masih lengket, bisa ditambah baby oil atau lotion.

Meskipun mainan slime sedang populer dan bisa melatih motorik anak, komponen slime dari borax ternyata disebut-sebut berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh dan berpotensi untuk menurunkan tekanan darah, menyebabkan gangguan otak, kerusakan ginjal, dan sebagainya.

“Anak-anak memainkan slime pasti dengan tangan. Bakteri-bakteri tersebut di antaranya pseudomonas, streptococcus, shigella, haemophillus, dan hepatitis A. Mengingat slime yang dimainkan berulang kali tentunya bisa jadi salah satu sumber penyakit. Karena tidak seperti tangan kita yang bisa dicuci, slime yg dimainkan itu hanya disimpan dan dimainkan berulang-ulang kali,” kata dokter di RSUD Embung Fatimah Batam, Dr. Oktri Zulmaidi.

Loading...