Digunakan Sebagai Bukti Identitas Diri, Harga Pas Foto di Studio Cukup Beragam

Ilustrasi: hasil cetak pas foto studioIlustrasi: hasil cetak pas foto studio

Untuk mendapatkan bagus dalam hal pemotretan tentu harus membutuhkan peralatan yang lengkap. Untuk mendapatkan semua perlengkapan itu, dibutuhkan modal yang cukup besar. Sebagai solusi dari permasalahan ini, maka hadirlah dengan segala perlengkapannya untuk mendapatkan hasil pemotretan yang bagus dan memuaskan.

Istilah ‘pasfoto’ adalah kata serapan dari bahasa Belanda dengan pengejaan yang sama yaitu pasfoto. Kata ‘pas’ di sini bukan mengacu pada makna ‘cocok atau sesuai’, melainkan merupakan penyingkatan dari kata paspoort. Dalam Bahasa Inggris lazim disebut dengan ‘passport photo’. Secara luas, kata paspoort dalam Bahasa Belanda bermakna ‘bukti identitas diri’, sehingga pas foto ini bukan melulu untuk membuat paspor, tetapi juga untuk membuat SIM, KTP, dan juga untuk melamar pekerjaan dan mendaftar sekolah.

Apakah yang unik dari pasfoto di Indonesia ini? Tak lain adalah masalah ukurannya. Kita mengenalnya dengan tiga macam yaitu 4×6 cm, 3×4 cm dan 2×3 cm. Itulah yang akan ditanyakan oleh petugas studio foto saat kita akan membuat pasfoto. Mungkin kita tak menyadari bahwa foto di atas hampir ‘punah; dan tak dianut lagi di seluruh dunia. Indonesia hanya satu dari segelintir negara yang masih ‘bertahan’ memakai pasfoto di atas, yang merupakan peninggalan zaman sebelum perang (voor de oorlog).

Lantas bagaimana ukuran pasfoto yang dianut di seluruh dunia? Sebagian besar (termasuk di Inggris, Uni Eropa, Australia) menerapkan ukuran standar 35×45 mm (3,5×4,5 cm). Di Amerika Serikat dan India, ukuran yang dipakai adalah 2×2 inci (kira-kira 5×5 cm). Ukuran 4×6 cm dalam catatan hanya tinggal dianut oleh Indonesia, Yunani, dan Kirgistan. Ukuran 2×3 cm, hanya dianut oleh Indonesia dan Meksiko, sedangkan ukuran 3×4 cm hanya Indonesia sendiri yang masih menganut.

Karena rasio panjang dan lebar pasfoto sekarang yang lebih kecil (di bahkan berbentuk bujur sangkar 1:1), maka ‘porsi’ wajah lebih dominan daripada ‘porsi’ badan bagian atas. Dalam ketentuan standar wajah harus ‘mengisi’ 70 – 80 persen dari ruang foto.

Disebutkan juga standar jarak bagian atas kepala dan dagu 26 – 30 mm dan jarak telinga kiri dan kanan 16 – 20 mm. Latar belakangnya adalah warna abu-abu muda (light grey). Di Indonesia, seringkali latar belakang yang digunakan adalah warna merah dan biru, bahkan di e-KTP dibuat aturan latar merah untuk yang memiliki tanggal lahir ganjil dan latar biru untuk yang pemilik tanggal lahir genap.

Apakah pasfoto unik 4×6 cm akan segera punah di negeri kita? “Mungkin belum akan terjadi dalam waktu dekat ini, apalagi dengan demam nyaleg dan nyapres sekarang ini, sang kandidat tentu lebih mantap kalau dia nampak dalam busana partainya dan bukan sekadar kelihatan raut wajahnya,” demikian dilansir dari laman Kompasiana.

Sebagai informasi, untuk melakukan pasfoto di studio foto cukup beragam. Tergantung kebijakan masing-masing studio foto. Misalnya, di studio foto yang ada di kawasan Kota Malang mematok sebesar Rp18 ribuan untuk 1 paket foto berisi 3 hingga 8 foto (tergantung ukuran foto). Sementara untuk paket foto plus CD, biayanya berkisar Rp23 ribuan untuk 1 paket foto berisi 3 hingga 8 foto plus CD file.

Loading...