Digunakan Petani Hidroponik di Eropa, Harga Plug Rockwool Cultilene Cukup Murah

Harga PlugRockwool Cultilene

infrastruktur harus diakui membuat untuk semakin menyusut. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena masih bisa menggunakan tanam hidroponik untuk menyalurkan hobi Anda. Saat ini, sudah banyak media tanam hidroponik yang dijual di pasaran, salah satunya plug rockwool cultilene yang ditawarkan dengan harga cukup murah.

Rockwool sendiri merupakan salah satu media tanam yang banyak digunakan oleh para hidroponik di Eropa. Media tanam ini diklaim memiliki kelebihan dibandingkan dengan media lainnya, terutama dalam hal perbandingan komposisi dan udara yang dapat disimpan. Selain itu, media ini juga dikatakan lebih ramah , tidak mengandung patogen penyebab penyakit, mudah dalam pengontrolan kadar air, efisien dalam penggunaan air, serta penggunaan yang simpel.

Di pasaran maupun situs jual beli , Anda dapat menemukan plug rockwool cultilene dengan berbagai macam ukuran. Model dengan 98 plug ditawarkan dengan harga mulai Rp34 ribuan sampai Rp45 ribuan dan diklaim sebagai media siap pakai karena sudah memiliki lubang untuk menaruh benih. Sementara, produk yang berisi 16 slab atau 1 bal, ditawarkan dengan harga mulai Rp770 ribuan.

“Dalam menanam dengan metode hidroponik ini, tidak ada khusus yang harus dilakukan, selain waktu pemeliharaan yang fleksibel, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki banyak kesibukan,” jelas Fatur Rachman Arifin, staf laboratorium di Universitas Borneo Tarakan. “Anda cukup memerhatikan asupan air dan pemberian air nutrisi yang cukup, agar tanaman hidroponik tetap sehat dan segar.”

Di samping itu, jika ditekuni secara serius, pendapatan yang diperoleh dari hobi bercocok tanam dengan metode ini pun cukup menggiurkan. Fatur sendiri mengaku dirinya mampu meraup keuntungan hingga Rp1,5 juta dari penjualan sayuran selada, dengan harga bibit tanaman yang hanya Rp20 ribuan per bungkus. “Untuk masa panen, memakan waktu hanya 25 hari dari awal penanaman,” tutup Fatur.

Loading...