Digunakan di Berbagai TV, Harga IC TDA9381PS Bisa Tembus Rp 300 Ribuan

IC TDA9381PS - www.alibaba.comIC TDA9381PS - www.alibaba.com

TDA9381PS adalah integrated circuit (IC) yang banyak dipakai pada televisi-televisi Samsung, LG, Sharp, Daewoo, dan sebagainya. Antara satu IC TDA9381PS dengan yang lain memang memiliki persamaan, akan tetapi tidak semua IC TDA9381PS sama. Pasalnya fungsi dari beberapa pin pada IC TDA9381PS untuk setiap merk TV ternyata berbeda. IC TDA9381PS di pasaran pun bervariasi, tergantung nomor serinya.

“Ada banyak sekali TDA9381. Untuk sirkuit bagian TV prosesor seperti bagian horizontal, vertikal, video, IF, chroma semuanya memang sama. Perbedaan ada pada bagian mikroprosesor,” kata Sumarsono lewat blog pribadinya.

Perbedaan yang mencolok bisa dilihat pada nomor yang ada di bagian belakang. Misalnya saja untuk IC TDA9381PS/N2/3/xxxxx. Nomor digit yang terakhir menunjukkan data memori ROM yang ada pada bagian mikroprosesor. Menurut Sumarsono, IC tersebut membutuhkan eeprom dengan data yang berbeda pula. Selain itu, beberapa pin input kontrol dan output kontrol pun bisa berbeda antara satu TV dengan yang lain.

IC TDA 9381PS yang mengalami kerusakan biasanya bisa dilihat pada tampilan TV. Sebagai , untuk TV LG yang mengalami permasalahan pada IC TDA9381PS biasanya akan muncul blanking atau gambar blank berwarna putih jika screen dinaikkan. Kadang bisa juga ditandai dengan munculnya gambar garis-garis hitam tebal miring dari sudut kiri atas ke sudut kanan bawah layar.

Bagi pengguna yang paham dengan elektronika mungkin akan mencari cara supaya televisinya bisa kembali menyala secara normal dengan mengganti sendiri IC TDA9381PS yang bermasalah. Namun ada pula beberapa orang yang lebih memilih untuk membawanya ke tukang service TV agar bisa memperoleh penanganan yang tepat.

Sayangnya harga IC TDA9381PS di pasaran memang relatif mahal. Sebagai contoh, untuk IC TDA9381PS/N3/3 dengan harga Rp 300 ribuan. Umumnya harga IC TDA9381PS berkisar di atas Rp 200 ribuan dan mencari IC satu ini kabarnya cukup sulit. Oleh sebab itu pastikan untuk menyesuaikan nomor seri IC TDA9381PS dengan IC baru yang hendak dibeli.

Loading...