Digemari Masyarakat, Harga Expander di Surabaya Berbeda Dari Kota-Kota Lain

harga, expander, di, surabaya, mobil, mitsubishi, pajero, sport, LMPV, low multipurpose vehicle, matic, manual, varian, tipe, tahun, 2018, 2017, inden, terjangkau, bintang, empat, keselamatan, pajakUnit Mitsubishi Xpander (sumber: bworldonline.com)

Setelah meluncurkan Pajero Sport-nya, Expander diperkenalkan ke . Sejak saat itu, yang termasuk low multipurpose vehicle (LMPV) menjadi primadona bagi masyarakat. Di Jawa Timur saja, mulai Agustus 2017 hingga Desember 2017, setidaknya produk ini sudah laku terjual sekitar 6.000 . Dalam sebulan, penjualan rata-ratanya mencapai 1.500 , melebihi target sebanyak 550 untuk tiap bulannya.

Menurut Area Koordinator PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Jawa Timur (Jatim), Bali dan Nusa Tenggara (Nusra), Rizki Adriansyah Putra mengatakan bahwa pihaknya tidak menyangka respons masyarakat terhadap keluarga baru Mitsubishi ini sangat tinggi. Karena pesanan menumpuk, maka waktu tunggu atau inden mobil untuk sampai ke tangan konsumen juga terbilang lama.

“Pesan Desember 2017, mobil bisa sampai ke konsumen sekitar bulan Maret 2018, atau terhitung tiga bulan dari waktu pemesanan,” ujar Rizki.

Ada sekitar 25 persen dari total inden yang sudah terkirim ke konsumen. Unit yang dikirim untuk konsumen tersebut adalah mobil yang dipesan pada bulan Agustus 2017. Saat itu, konsumen tidak merasakan mobil secara langsung, hanya melihat bentuk konsepnya saja.

Tahun 2017 dianggap sebagai waktu yang tepat membeli Expander karena di tahun 2018, harganya akan naik. “Masuk tahun 2018, harga naik sekitar Rp 3 juta,” tambah Rizki.

Meningkatnya pembelian Expander dikarenakan mobil itu dianggap bisa menyaingi mobil-mobil lain di kelas manapun, ditambah dengan harganya yang relatif terjangkau dibanding pesaingnya. Belum lagi Mitsubishi Xpander juga berhasil meraih bintang empat dalam hal keselamatan dari badan pengujian independen ASEAN NCAP.

Di , harga Mitsubishi Xpander dinilai berbeda dengan kota-kota lain. Pasalnya memang ada beberapa faktor yang membuat harga berbeda. Menurut Head of Sales and Marketing Region 1 Department Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Budi Darmawan Daulay, merupakan hal yang wajar.

Faktor yang pertama, menurut Budi, adalah pengiriman. Semakin jauh daerah tujuan pengiriman akan membuat operasionalnya semakin besar. Hal inilah yang membuat harga mobil semakin tinggi. “Terdapat beberapa elemen yang membuat harga berbeda antar daerah. Yang paling utama itu pengirimannya,” jelas Budi.

Selain itu, perbedaan harga tersebut juga dipengaruhi oleh pajak Bea Balik Nama Bermotor (BBN-KB). Di masing-masing daerah besaran nilai BBN-KB ditetapkan berbeda, sehingga memengaruhi harga. “Hampir seluruh indonesia, BBN itu 10 persen, tapi ada beberapa area yang 15 persen, ada yang 12,5 persen. Itu yang membuat harga mobil itu berbeda,” jelas Budi.

Harga Mitsubishi Expander di Surabaya tahun 2018 mulai dari Rp 200 jutaan untuk GLX MT hingga Rp 258 jutaan untuk ULTIMATE AT. Untuk matic, harganya lebih mahal daripada manual. Perbedaan harganya bisa mencapai puluhan juta .

Loading...