Digandrungi Generasi Milenial, Ayam Geprek Goyang Dominasi KFC

Ayam Geprek - blog.reddoorz.comAyam Geprek - blog.reddoorz.com

JAKARTA – Dominasi Kentucky Fried Chicken, dan cepat saji lainnya, di Indonesia, terutama sajian dengan menu utama ayam, saat ini terancam dengan kehadiran hidangan yang disebut  ayam geprek. Menawarkan hidangan ayam goreng dibalut dengan saus cabai pedas , ini hadir dengan harga yang lebih terjangkau dan karenanya digemari oleh kalangan generasi milenial.

Seperti dilaporkan Nikkei, salah satu restoran dengan sajian ayam geprek adalah Geprek Bensu. Sebuah outlet yang terletak di di Jakarta Timur dipenuhi oleh mahasiswa dan pebisnis saat makan siang pada hari kerja. Menu yang paling populer adalah hidangan yang terdiri dari ayam goreng dengan saus sambal, nasi, dan irisan mentimun. Topping keju juga tersedia dan nasi dapat diganti dengan mi goreng. Ada 10 tingkat kepedasan untuk dipilih, dengan harga cuma Rp16.500 per porsi.

Menurut Octa, seorang pengusaha berusia 23 tahun, sebagian orang Indonesia memang akan tertarik pada hampir semua hidangan yang menyajikan ayam atau bumbu pedas. Karena harga daging sapi cukup mahal, ayam goreng lantas menjadi bahan paling umum di pasar makanan cepat saji ini. Franchise seperti McDonald’s, Burger King, dan Lotteria telah bersaing satu sama lain dengan menawarkan berbagai ayam goreng.

Pengeluaran , termasuk makan di restoran, telah meningkat perlahan di Indonesia setelah bertahun-tahun mengalami penurunan karena naiknya harga komoditas, yang menjadi andalan . Masa depan industri makanan cepat saji mungkin bergantung pada bagaimana restoran dapat menawarkan hidangan ayam berharga murah dengan cara yang menarik.

Nah, ayam geprek kemudian hadir menawarkan sesuatu yang belum dimiliki restoran cepat saji yang lebih dulu populer. Ayam geprek sendiri secara harfiah berarti “ayam yang dihancurkan”, dan berasal dari bagaimana hidangan disiapkan. Campuran cabai merah, bawang, tomat, garam, dan bumbu lainnya dimasukkan ke dalam quern untuk membuat saus yang disebut sambal. Ayam ditambahkan dan bahan-bahannya dihaluskan bersama.

Ayam geprek lantas menjadi hit besar pada tahun 2017 usai presenter Ruben Onsu memperkenalkan Geprek Bensu. Restoran ini sekarang memiliki lebih dari 60 gerai di seluruh negeri, menurut media lokal, dan mulai bersaing dengan KFC. Aplikasi foto-sharing populer, Instagram, juga membantu penyebaran ayam geprek secara lebih luas.

Sebagian besar restoran cepat saji di Indonesia menyajikan ayam goreng dengan saus cabai yang manis. Sementara, ayam geprek membedakan dirinya dengan berfokus pada saus pedas tradisional. Seorang siswa berumur 18 tahun di Geprek Bensu menggambarkan kepedasan sambal sebagai ‘tak tertahankan’, sedangkan seorang pengusaha berusia 34 tahun mengatakan sambal memiliki kualitas asli.

Loading...