Difungsikan Untuk Penambah Stamina, Harga Telur Ayam Kampung di Pasaran Mulai Rp30 Ribuan

Telur Ayam Kampung - (Sumber: tribunnews.com)Telur Ayam Kampung - (Sumber: tribunnews.com)

Telur merupakan salah satu yang berasal dari hewani dan paling sering dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat . Konsumsi telur bisa disajikan hanya dengan digoreng untuk sarapan maupun diolah dengan bahan baku lainnya. Di pasaran, harga untuk telur negeri atau ras sekitar Rp20 ribuan per kilogram, sementara untuk telur kampung biasanya lebih mahal, yakni Rp4 ribuan per butir atau Rp30 ribuan hingga Rp40 ribuan per kg.

Jika dibandingkan dengan telur ayam negeri atau ras, telur ayam kampung memiliki bentuk yang lebih oval dan lebih kecil. Telur ayam negeri biasanya dikonsumsi dengan cara digoreng maupun direbus, berbeda dengan cara konsumsi telur ayam kampung yang biasanya dimakan mentah, atau hanya dicampur dengan sedikit madu murni untuk mendapatkan rasa manis. Dengan mengkonsumsi telur ayam kampung mentah tersebut, dianggap mampu meningkatkan stamina maupun sebagai obat sariawan.

Telur ayam kampung sebagai bahan memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan sangat baik untuk dikonsumsi terlebih bagi anak-anak. Hal itu dikarenakan kandungan omega 3 yang baik bagi masa pertumbuhan anak.

Saat ini juga banyak ditemukan telur ayam kampung yang menjadi bahan campuran untuk diracik bersamaan dengan jamu tradisional maupun obat kuat. Jenis telur ayam kampung dianggap memiliki serba guna yang menjadi bahan tambahan obat jamu ataupun hanya sebagai suplemen peningkat kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Kandungan protein yang ada dalam telur menjadikan badan lebih berstamina dan tidak mudah lelah. Protein diketahui berguna sebagai komponen utama pembentuk otot. Selain itu, adanya kandungan vitamin B1 atau tiamin juga dibutuhkan oleh tubuh dalam manfaatnya untuk transmisi saraf dan energi.

“Dalam telur mentah, kandungan berbahaya seperti kolesterol tidak ada sehingga jauh lebih sehat,” jelas Drs Anjisman MPd, Dosen Biologi Universitas Muhammadiyah Malang, dilansir dari Malangvoice.

Telur mentah juga dapat digunakan untuk menjaga kecantikan, di samping bermanfaat baik bagi kesehatan. Namun sebaiknya jangan terlalu sering juga mengkonsumsi telur mentah karena juga akan memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Salah satu bagian yang terdapat di dalam telur ayam kampung dan bermanfaat untuk menjaga kecantikan serta perawatan tubuh adalah putih telur. Putih telur ini sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit wajah. Sehingga dengan menggunakan putih telur mentah ini, dianggap mampu membuat wajah lebih cerah dan bercahaya.

Putih telur mentah ternyata juga bagus dijadikan sebagai masker wajah yang berguna untuk menghilangkan jerawat beserta komedo. Sebaiknya untuk membuat masker putih telur mentah pilihlah telur dari ayam kampung yang masih segar dan bagus. Tidak hanya itu, bagi pemilik jenis kulit kering juga bisa memanfaatkan putih telur mentah agar membantu wajah kembali segar dan sehat.

Loading...