Didukung Sejumlah Sentimen Positif, Bitcoin Berhasil Melaju ke Level $ 7.600

Harga bitcoin hari ini, Minggu (3/6) terpantau menguat 0,23 persen ke level USD 7.653,91 atau sekitar Rp 105 jutaan - wccftech.com

Harga hari ini, Minggu (3/6) terpantau menguat 0,23 persen ke level 7.653,91 atau sekitar Rp 105 jutaan setelah dibuka di posisi 7.636,19. Sepanjang perdagangan hari ini, nilai telah bergerak pada kisaran angka USD 7.631,67 hingga USD 7.654,07 dengan pangsa pasar sebesar USD 131 miliar.

Pada perdagangan sebelumnya, bitcoin sempat melemah USD 100 dan hanya berkutat di level USD 7.400. Banyak analisis berpendapat bahwa efek jangka panjang bitcoin akan membawanya ke level tertinggi baru. Namun untuk sementara ini bitcoin tampaknya belum mampu untuk melompat melampaui level USD 8.000.

Adanya aksi jual belum lama ini telah memaksa kripto paling populer tersebut untuk anjlok hingga USD 7.270 pada (1/6) lalu, meski pada akhirnya berhasil membawa bitcoin ke level USD 7.400 dan sekarang berkutat di angka USD 7.600. Menurut sejumlah analis, bitcoin berpotensi untuk bergerak hingga mencapai USD 7.800 pada awal pekan depan. Akan tetapi pada hari Minggu ini bitcoin harus berhasil bergerak ke angka USD 7.700 terlebih dahulu untuk menguji resistensinya.

Sementara itu, di China yang merupakan basis terbesar perdagangan bitcoin tampaknya mulai menunjukkan sentimen yang cukup positif. Pasalnya Presiden China Xi Jinping sempat berpidato mengenai kekuatan blockchain. Hal ini cukup menarik perhatian publik karena China seakan mulai memberi sedikit kelonggaran terhadap bitcoin dan blockchain. Seperti yang diketahui, selama ini China menerapkan aturan yang cukup ketat berkaitan dengan .

Jinping menyatakan bahwa ia berencana membuka laboratorium nasional untuk mengembangkan dan meneliti blockchain secara lebih baik. Lebih lanjut Jinping mengaku ingin China lebih siap untuk revolusi teknologi lebih lanjut dalam beberapa bulan ke depan. Di samping itu, rencana 5 tahunan Dewan ke-13 China yang dilaporkan pada 2016 lalu sempat menyebutkan teknologi blockchain 2 kali. Bahkan beberapa perusahaan startup di China kini bermitra dengan cabang lokal untuk riset dan implementasi blockchain yang diperlukan.

Dukungan untuk blockchain dan bitcoin juga berasal dari gubernur Inggris, BoE (Bank of England), Mark Carney yang di masa lalu begitu keras terhadap teknologi tersebut. Dilansir The Merkle, di sebuah konferensi di Swedia, Carney mengatakan, “Apakah peran kita akan mengubah sistem pembayaran dan membantu penyedia pribadi uang digital, atau akankah kita pergi ke mata uang digital yang dikeluarkan oleh ?”

“Ini adalah salah satu bidang yang paling menarik dan penting, dan tentu saja area terpenting yang harus dilaksanakan secara benar,” imbuh Carney. Kemungkinan besar saat ini tokoh-tokoh penting mulai memandang blockchain sebagai sebuah teknologi yang positif dan memegang kunci untuk masa depan keuangan dunia.

Loading...