Didukung Banyak Game VR Menarik, Harga Virtual Reality PS4 Berkisar Rp 5 Jutaan

Virtual Reality PS4Virtual Reality PS4 - www.dailystar.co.uk

Sejak tahun 2016 lalu Sony telah menghebohkan publik dengan peluncuran PlayStation (PS) VR, headset reality (VR) untuk konsol PlayStation 4 (PS4). Kala pertama kali meluncur, virtual reality PS4 tersebut memang cukup mahal, mencapai Rp 6,69 juta. Jika membeli dengan PlayStation Camera, paket bundle tersebut mencapai Rp 7,39 juta.

“Sejak kami mengenalkan PS VR, kami menerima respons yang luar biasa dari dan pengembang,” kata Hiroyuki Oda, Deputy President of Sony Interactive Entertainment Japan Asia, seperti dilansir Kompas.

Kala itu banyak penggemar di Asia yang agak kecewa, pasalnya banderol harga yang dipatok Sony disebut-sebut lebih mahal dibanding harga untuk wilayah Amerika. Ketika pertama rilis, terdapat sekitar 60 yang dapat langsung dimainkan dengan PlayStation VR, di antaranya seperti Batman: Arkham VR dan Farpoint, serta buatan developer Asia seperti Stifled (Gattai Games) dari Singapura, O! My Genesis (XPEC Entertainment Inc.) dari Taiwan, serta The School Swan Song (ROI Games) dari Korea Selatan.

Selang setahun kemudian, yakni pada Oktober 2017, Sony meluncurkan generasi baru dari headset virtual reality-nya, yakni PlayStation VR dengan nomor CUH-ZVR2. Lantas apa bedanya versi baru dengan generasi sebelumnya?

Perbedaan paling mencolok adalah hadirnya port headphone stereo di bagian belakang. Kemudian tersedia pula update Processor Unit yang mendukung HDR, sehingga memungkinkan pengguna untuk menikmati konter HDR di TV tanpa harus memutus hubungan Processor Unit antara TV dengan sistem PS4.

Saat ini harga Virtual Reality PS4 di pasaran Indonesia pun telah mengalami penurunan yang cukup signifikan. Di sejumlah , harga PlayStation VR + camera + game PlayStation VR World dibanderol Rp 5,95 juta. Kemudian untuk Sony PS4 VR Version 2 (V2) yang terdiri dari 1 VR dan 1 kamera harganya Rp 4,5 jutaan. Ada pula Virtual Reality PS4 V1 dalam kondisi bekas (second) yang masih bagus dan layak pakai dengan harga relatif terjangkau, hanya Rp 3,5 jutaan saja.

Loading...