Dibutuhkan untuk Bisnis Fashion, Harga Manekin Full Body Plastik Dibanderol Variatif

Ilustrasi : Manekin yang digunakan untuk berjualan pada bisnis fashion

Manekin termasuk yang wajib ada bagi mereka yang menekuni bisnis , entah berjualan baju, perhiasan, sandal, atau sepatu. Manekin yang ada di pasaran pun dan bahannya ada bermacam-macam. manekin full body dari bahan biasanya relatif lebih murah dari yang berbahan fiber glass.

Sebagai contoh, manekin full body pria lengkap dengan kepala dari bahan plastik dijual sekitar Rp 600 ribuan hingga 825 ribuan di pasaran, untuk maneken wanita harganya berkisar Rp 840 ribuan, sedangkan manekin plastik anak laki-laki dijual kisaran Rp 380 ribuan dan manekin plastik anak perempuan berkisar Rp 540 ribuan.

Beberapa orang yang baru memulai bisnis butik atau toko biasanya juga membeli manequin dalam kondisi bekas yang masih bagus. Dibandingkan membeli manekin baru, manekin second relatif lebih terjangkau. Bahkan potensi bisnis manekin bekas di Kota Pekanbaru kabarnya cukup menjanjikan. Dalam sehari yang diraih dapat mencapai sekitar Rp 2 juta.

“Omzet rata-rata sehari bisa mencapai Rp 2 juta. Kalau ada yang belanja banyak untuk buka toko, bahkan bisa dapat Rp 6 juta,” ujar Afnel, salah satu pengusaha manekin bekas di Pekanbaru, seperti dilansir Antara.

Tahun 2017 lalu Afnel disebut-sebut menjadi satu-satunya pelaku usaha jual manekin dan perlengkapan fashion di Kota Pekanbaru. Ia merintis bisnis tersebut sejak 2 tahun sebelumnya di sebuah kedai sederhana tanpa rencana lantaran dulunya ia berjualan baju di Sukaramai. Tetapi bisnis pakaian tersebut hancur saat Plaza Sukaramai kebakaran tahun 2016, hingga ia gulung tikar dan menjual segala perlengkapan tokonya.

“Awalnya saya lelang barang-barang saya. Ternyata laku, dan banyak yang kemudian menjual manekin-manekin ke saya,” papar Afnel. Alhasil manekin-manekin bekas yang dijual ke Afnel tersebut dijual kembali dan banyak diminati. Bahkan pembelinya tak hanya dari Pekanbaru saja, tetapi sudah mencapai luar daerah seperti dari Bengkalis, Kampar, Rokan Hulu, hingga Indragiri Hulu.

“Kadang saya sampai kewalahan untuk penuhi permintaan, karena saya hanya sediakan manekin bekas yang terkadang persediaannya susah didapat,” ucapnya. Adapun untuk manekin ukuran anak-anak dalam kondisi baik di tempatnya dijual dengan harga Rp 250 ribu, manekin kaki untuk sepatu Rp 20 ribu sepasang dan manekin pria dewasa yang lengkap Rp 550 ribu per unit.

“Sebenarnya, menggunakan manekin bekas untuk usaha tidak ada bedanya dengan yang baru karena fungsinya sama. Banyak memilih manekin bekas karena harganya minimal bisa 50 persen lebih murah daripada beli baru,” tandasnya.

Loading...