Dibutuhkan oleh Tenaga Auditor Internal, Berapa Biaya Sertifikasi QIA?

Ilustrasi: auditor keuangan memeriksa laporanIlustrasi: auditor keuangan memeriksa laporan

akan tenaga auditor internal saat ini rupanya cukup besar. Bahkan menurut Yayasan Pendidikan Internal Auditor (YPIA), kementerian dan lembaga negara pemerintah kekurangan auditor internal, sehingga berdampak pada anggaran negara yang rawan mengalami kebocoran atau bahkan dikorupsi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dari kebutuhan yang mencapai 40 ribuan auditor internal, ternyata pemerintah hanya memiliki sekitar 10.800 auditor. Sayangnya, dari jumlah tersebut auditor internal yang mengantongi dengan internasional hanya kurang dari 1.000 orang dan mayoritas adalah auditor tingkat 1. YPIA menambahkan, kebutuhan sekitar 40 ribu tenaga auditor internal ini didasarkan pada kebutuhan beberapa tahun lalu sesuai APBN. Jadi kemungkinan kebutuhan saat ini jauh lebih meningkat.

“Kebutuhan ini kami lihat dari jumlah badan inspektorat yang berada di 34 provinsi dan 503 kabupaten dan kota. Padahal ke depan, kebutuhan tenaga audit internal ini dibutuhkan sesuai peningkatan anggaran pendapatan dan belanja pemerintah,” kata Ketua YPIA Martiono Hadianto di Yogyakarta, seperti dilansir Gatra.

Lain dengan auditor eksternal yang bertugas mengawasi anggaran yang dikeluarkan, auditor internal menjadi mitra bagi pengambil kebijakan mulai dari proses perencanaan program kerja hingga penggunaan anggaran. Martiono mengungkapkan, kurangnya auditor internal berakibat banyaknya kasus kebocoran anggaran, baik disebabkan oleh korupsi atau perencanaan yang kurang efisien.

“Penyebab auditor internal di Indonesia masih sedikit karena anggaran pemerintah untuk auditor internal juga minim. Padahal auditor internal dibutuhkan agar anggaran negara digunakan efisien dan tepat sasaran,” ujarnya.

Untuk menjadi seorang internal auditor setidaknya diharuskan untuk memiliki Qualified Internal Auditor (QIA). QIA sendiri adalah sertifikasi profesi dalam bidang audit internal yang menunjukkan dan profesionalisme dari individu yang memilikinya.

Pemegang sertifikat QIA dirujuk sebagai individu yang menunjukkan kualitas dan profesionalisme dalam bidang audit internal. Untuk menyandang gelar profesi QIA, seorang praktisi audit internal harus melalui pendidikan dan pelatihan QIA yang panjang serta mengombinasikan teori dan praktik yang dikemas dalam suasana kerja yang kompetitif.

Selain YPIA, Perbanas pun juga mengadakan ujian sertifikasi QIA tingkat dasar bagi Sarjana (S1) Akuntansi. Adapun ujian sertifikasi QIA tingkat dasar sebesar Rp 750 ribu. Materi ujian sertifikasi QIA tingkat dasar meliputi fondasi audit internal, standar profesi audit intern, perilaku organisasi, pengendalian intern dan risiko, hingga perencanaan dan penugasan.

Loading...