Dibutuhkan dalam Proses Pendirian, Berapa Biaya Pembuatan Akta Yayasan?

Pembuatan akta yayasanIlustrasi : Pembuatan akta yayasan

Yayasan adalah sebuah badan yang mempunyai tujuan sosial, agama, dan kemanusiaan, yang didirikan dengan memenuhi formal yang ditentukan oleh undang-undang. Aturan mengenai pendirian yayasan ini tercantum dalam UU No. 28 Tahun 2004 tentang perubahan atas undang-undang no. 16 tahun 2001 tentang yayasan.

Dalam mendirikan sebuah yayasan, ada beberapa yang harus dipenuhi, antara lain mempersiapkan nama yayasan (minimal 3 ), jumlah kekayaan awal yayasan (minimal Rp 10 juta) dan anggaran dasar yayasan, bukti atau aset awal yayasan, berkas fotokopi KTP para pendiri, pembina, pengawas, dan pengurus yayasan, fotokopi NPWP ketua yayasan, serta surat pengantar RT/RW sesuai domisili yayasan.

“Jika seluruh persyaratan telah dilengkapi, langkah selanjutnya adalah menghubungi notaris. Dalam pendirian yayasan, notaris memegang peranan yang cukup penting, karena Akta Pendirian Yayasan harus dibuat dalam bentuk Akta Notaris,” demikian seperti dilansir Kumparan.

Biaya pembuatan akta yayasan ini biasanya sangat bervariasi, tergantung dari hasil kesepakatan dengan pihak notaris yang bersangkutan. Biasanya notaris juga yang bertugas mengawal proses pendirian yayasan, mulai dari pemesanan nama sampai penerimaan berkas-berkas jadi yayasan. Proses pendirian yayasan biasanya membutuhkan waktu sekitar 60 hari kerja.

Akta Pendirian Yayasan nantinya harus ditandatangani bersama-sama di hadapan notaris, baru yayasan bisa dianggap berdiri. Tetapi untuk mengesahkannya sebagai , maka perlu disahkan ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Kemudian, apabila suatu yayasan ingin melakukan aktivitas penggalangan dana, maka yayasan harus mendaftarkan diri pada Kementerian Sosial RI untuk memperoleh izin penggalangan dana.

Selain mengurus pendirian yayasan sendiri, saat ini juga sudah banyak biro yang menawarkan pembuatan yayasan dengan biaya yang bervariasi. Adapun untuk wilayah Jakarta, biaya pendirian yayasan berkisar mulai Rp 4 jutaan hingga Rp 8 jutaan. Biaya tersebut biasanya sudah mencakup segala prosedur pengurusan yayasan. Bahkan ada pihak biro yang menjanjikan waktu pengerjaan hanya 3 hari kerja (di luar hari libur), sehingga pihak pemohon hanya tinggal terima beres saja.

Loading...