Dibuka Menguat tipis, Rupiah Masih Stagnan

Rupiah 100ribuPosisi Rupiah terhadap Amerika hingga pagi tadi masih berkutat di level Rp 12.900 perDolarnya. Merujuk pada Dollar Index pada (22/4), Rupiah hanya menguat setinggi 9 basis poin atau 0,07% dari semula Rp 12.955 pada sesi penutupan kemarin menjadi Rp 12.946 pada pembukaan pagi tadi. Sementara yahoo Finance melansir bahwa Rupiah menguat sejauh 32 poin atau 0,14% menjadi Rp 12.927 perDolar dari posisi penutupan sebelumnya yaitu Rp 12.960.

Rangga Cipta selaku Analis dari Samuel Sekuritas turut berkomentar. Rangga mengatakan bahwa Rupiah terlihat lesu dan cenderung melemah sejak pebukaan awal minggu ini, tidak berbeda dengan lainnya yang seakan melemah serentak sebagai imbas dari penguatan . “Surplus neraca yang dicapai pada bulan Maret lalu belum mampu mempertahankan posisi Rupiah untuk menguat dalam jangka waktu yang lebih panjang,” ujar Rangga.

Kepala riset NH Securities Indonesia, Reza Priyambada, menjelaskan bahwa menguatnya laju Dolar tampaknya membuat Rupiah tidak mampu keluar dari zona merah. Selain itu, sentiment negatif eksternal pada juga dianggap memperlemah posiis Rupiah.“Laju yang melemah seiring dengan kembalinya kekhawatiran Investor akan masalah pembayaran hutang Yunani yang membuat laju Dolar Amerika memanfaatkan kesempatan untuk menguat,” ujar Reza.

Loading...