Dibuka Melemah 1 Poin, Hari Ini Rupiah Diprediksi Akan Menguat

Rupiah - manado.tribunnews.comRupiah - manado.tribunnews.com

Jakarta dibuka tipis sebesar 1 poin atau 0,01 persen ke posisi Rp 13.752 per AS di awal pagi hari ini, Rabu (11/4). Kemarin, Selasa (10/4), nilai tukar rupiah ditutup terapresiasi 10 poin atau 0,07 persen ke level Rp 13.751 per AS.

Indeks dolar AS yang mengukur gerak the terhadap sejumlah mata uang utama terpantau melemah. Di akhir perdagangan Selasa atau Rabu pagi WIB dolar AS melemah 0,24 persen menjadi 89,625 lantaran para tengah mencermati perkembangan terakhir hubungan perdagangan antara Amerika Serikat dengan China.

Pada Selasa (10/4) kemarin Presiden China, Xi Jinping mengungkapkan bahwa China akan meluncurkan berbagai langkah penting tahun ini untuk memperluas akses secara signifikan. Xi Jinping juga berjanji akan menurunkan tarif impor secara signifikan untuk kendaraan dan sejumlah lainnya, serta meningkatkan perlindungan hak kekayaan intelektual.

Pidato Xi Jinping tersebut dinilai telah meredakan kecemasan pasar jangka panjang terkait kemungkinan terjadinya perang dagang yang lebih besar antara AS dan China. Menurut para analis, redanya ketegangan perdagangan tersebut mengakibatkan investor mulai mencari pengembalian yang lebih tinggi terhadap aset-aset berisiko. Oleh sebab itu mata uang dengan imbal hasil yang relatif lebih tinggi seperti dolar Australia dan dolar Kanada menguat terhadap USD.

Mulai mencairnya hubungan AS dan China juga turut berimbas pada rupiah dan membuat mata uang Garuda menguat tipis di akhir perdagangan kemarin. Menurut Ekonom Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih pidato Xi Jinping telah berhasil meningkatkan optimisme pasar. Akan tetapi Lana menilai jika negosiasi antara China dan AS belum akan selesai dalam waktu dekat.

Di sisi lain, analis Valbury Asia Futures Lukman Leong menuturkan jika dari dalam negeri masih belum ada data ekonomi yang mampu menyokong posisi rupiah di pasar spot. “Kini yang paling dinantikan adalah impor pekan depan,” ujar Lukman Leong, seperti dilansir Kontan. Oleh sebab itu Lukman memperkirakan jika hari ini rupiah akan melanjutkan penguatannya pada kisaran angka Rp 13.725 hingga Rp 13.775 per dolar AS.

Loading...