Selasa Pagi, Rupiah Berbalik Melemah Usai Dibuka Hijau

Rupiah - katadata.co.idRupiah - katadata.co.id

JAKARTA – bergerak mixed pada Selasa (29/10) pagi. Menurut Index, Garuda mengawali transaksi dengan menguat tipis 2 poin atau 0,01% ke level Rp14.026 per AS. Namun, pada pukul 08.37 WIB, spot terpantau berbalik melemah 5 poin atau 0,04% ke posisi Rp14.033 per AS.

Sementara itu, dari pasar , indeks dolar AS terlihat berusaha mengembalikan otot setelah sebelumnya sempat berakhir drop. Mata uang Paman Sam terpantau menguat 0,026 poin atau 0,03% ke level 97,790 pada pukul 08.18 WIB. Sebelumnya, sempat ditutup terdepresiasi 0,067 poin atau 0,07% di posisi 97,764 pada hari Senin (28/10) kemarin.

“Pergerakan nilai tukar rupiah pada hari ini bakal kembali menguat terhadap dolar AS,” ujar Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, dilansir Suara. “Penguatan rupiah tersebut karena didukung sentimen positif dari situasi terkini perang perdagangan antara AS dan China yang akan mencapai kesepakatan.”

Ekonom Bank Mandiri, Reny Eka Putri, menambahkan bahwa ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga juga akan menyokong pergerakan rupiah pada perdagangan hari ini. Menurutnya, sikap wait and see pasar menjadi katalis positif bagi mata uang Garuda. “Rupiah akan bergerak di kisaran Rp13.970 hingga Rp14.060 per dolar AS,” kata Reny, dilansir Kontan.

Sedikit berbeda, analisis dari CNBC Indonesia menunjukkan bahwa pergerakan rupiah pada hari ini kemungkinan akan melemah. Tanda-tanda depresiasi rupiah sudah terlihat di pasar Non-Deliverable Market (NDF). Seperti diketahui, pasar NDF seringkali memengaruhi psikologis pembentukan di pasar spot. Karena itu, kurs di NDF tidak jarang diikuti oleh pasar spot.

“Sebelumnya, pasar NDF belum ada di Indonesia, hanya tersedia di pusat-pusat keuangan internasional seperti Singapura, Hong Kong, New York, atau London,” tulis CNBC Indonesia. “ (BI) pun kemudian membentuk pasar DNDF. Meski tenor yang disediakan belum lengkap, tetapi ke depan diharapkan terus bertambah.”

Loading...