Dibekali Fitur Pengukur Tekanan Darah, Harga Smartband LYNWO M4 Health Blood Pressure Wristband Rp300 Ribuan

Smartband - (Sumber: ebay.com)Smartband - (Sumber: ebay.com)

Dulu, pasien bisa mengukur tekanan darah di klinik atau di rumah sakit. Namun sekarang, banyak tensimeter atau pengukur tekanan darah yang dijual di apotek dan di toko kesehatan berbentuk yang bisa dimanfaatkan untuk pemakaian di rumah. Salah satu pengukur darah yang kerap digunakan secara mandiri berbentuk smartband.

Perangkat wearable device atau yang biasa disebut dengan piranti sandang sudah cukup banyak hadir di . Fungsinya pun cukup beragam dan sangat membantu pengguna yang membutuhkan data terkait tingkat aktivitas selama melakukan outdoor, berolahraga, fitness hingga membantu pengguna dalam memberikan informasi/notifikasi yang muncul pada perangkat smartphone.

Alat berbentuk smartband dan jam pintar ini biasanya juga dikombinasikan dengan fitur penghitung kalori yang terbakar, trainer pribadi, penghitung jarak tempuh, GPS hingga WiFi. Untuk harganya cukup sesuai dengan fitur yang ditawarkan.

Di antara wearable device berbentuk smartband yang tersedia di pasaran, ada juga yang memiliki fitur blood pressure di mana fitur ini memungkinkan pengguna untuk memonitor tekanan darah seseorang secara langsung. Beberapa fungsi blood pressure ini sangat dibutuhkan untuk mereka yang peduli dengan kesehatan.

Untuk mengetahui informasi yang diinginkan, biasanya vendor pembuat smartband menyediakan aplikasi khusus yang dapat diinstal di perangkat smartphone berbasis iOS ataupun Android. Saat ini ketersediaan smartband yang memiliki fitur blood pressure heart monitor sudah mulai dijajakan di beberapa e-commerce dengan berbagai penawaran menarik.

Salah satu merek smartband yang memiliki fitur blood pressure adalah LYNWO M4 Health Blood Pressure Wristband. Secara umum, smartband ini memiliki fitur yang hampir sama dengan smartband merk lainnya. Yakni adanya fitur activity tracker untuk menghitung langkah, jarak, dan jumlah kalori terbakar, fitur notification forwarder untuk memunculkan notifikasi dari smartphone, fitur accelerometer untuk menyalakan layar OLED pada smartband dengan gerakan memutar pergelangan tangan, dan fitur heartrate counter yang memang menjadi fitur wajib dalam sebuah smartband.

Namun, ada dua hal yang membedakan LYNWO M4 dengan smartband lainnya. Yang pertama adalah hadirnya mengukur tekanan darah (blood pressure) yang menggunakan proses serupa dengan pengukuran detak jantung. “Akurasinya menurut saya tidak terlalu bisa diandalkan. Namun, jika Anda memiliki alat pengukur tekanan darah konvensional, Anda bisa menggunakan hasilnya untuk mengkalibrasi pengukuran tekanan darah smartband ini pada aplikasi pendukung,” ujar salah seorang pengguna dalam reviewnya.

Kelebihan kedua dari smartband ini adalah kemampuannya untuk mengubah orientasi layar. Memang bukan menggunakan sensor, tapi dari menu yang dapat disesuaikan. Hal ini masih jarang ditemui pada sebuah smartband dan bisa jadi merupakan sebuah fitur yang sangat berguna. Kemudian kelebihan lainnya adalah colokan USB yang dimiliki membuatnya tak perlu membawa kabel tambahan hanya untuk sekadar mengisi daya. Tinggal lepaskan modul utama dari strap, lalu colokkan ke kepala charger. Baterainya sendiri mampu bertahan sekitar 5-6 hari dalam sekali pengisian daya.

Di sejumlah toko kesehatan, baik online maupun offline, satu unit smartband LYNWO M4 Health Blood Pressure Wristband ini dijual dengan harga $24.99 atau setara dengan Rp333 ribuan.

Loading...