Dibebankan pada Pelanggan, Biaya Pindah Kabel PLN Baru Bisa Diketahui Setelah Survei

Biaya Pindah Kabel PLN - www.merdeka.comBiaya Pindah Kabel PLN - www.merdeka.com

Tak seperti di negara-negara yang sudah maju seperti Singapura, di Indonesia sebagian besar daerah sambungan listriknya masih berupa tiang-tiang dengan yang menjuntai dari satu titik ke titik lainnya. Hal ini bagi sebagian orang memang cukup mengganggu, apalagi bila sang hendak melakukan perluasan atau bangunan. Oleh sebab itu beberapa pelanggan biasanya mengajukan pindah kabel atau pemindahan tiang pada .

Tapi rupanya pemindahan kabel PLN yang melintang di atas rumah tersebut akan dikenai . “Permohonan Pindah SR yang diajukan oleh pelanggan akan dikenakan dan tersebut diinformasikan setelah hasil survey,” kata pihak Contact Center PLN 123 melalui akun Twitter resminya.

Prosedur untuk pindah kabel PLN ini pada dasarnya cukup mudah, pelanggan diminta untuk menghubungi terlebih dahulu pihak Call Center untuk memberikan informasi lengkap seputar biodata, ID pelanggan, nomor hp yang dapat dihubungi, beserta alamat lengkap. Nantinya akan ada petugas survei yang datang ke rumah untuk memeriksa kondisi kabel.

Rincian biaya pindah kabel listrik tersebut ternyata bisa berbeda-beda antara satu pelanggan dengan yang lain dan baru bisa diketahui setelah survei dengan menanyakan ke kantor PLN untuk urusan administrasinya. Setelah pembayaran lunas, baru petugas akan datang lagi ke rumah dalam jangka waktu 7 hari kerja untuk melakukan perbaikan. Menurut salah satu pelanggan, biaya pindah kabel PLN tahun 2016 lalu untuk 2 kabel diganti baru totalnya Rp 693 ribu dengan rincian biaya jasa Rp 319 ribu dan materialnya Rp 236 ribu.

Sementara itu, ada juga Lesanpuro, Kedungkandang, Malang, Jawa Timur, Sahrawi yang mengaku ditarik biaya Rp 10 juta karena mengajukan pemindahan tiang listrik yang akan roboh di area tanah milik keluarganya.

“Saya harus membayar biaya pemindahan tiang listrik sebesar Rp 10 juta setelah saya nego dengan pihak PLN, Padahal tiang listrik tersebut terlihat akan roboh, seharusnya pihak PLN sendiri yang harus memindahkan, karena jika tiang listrik tersebut roboh, maka pihak PLN lah yang akan mengalami kerugian,” ujarnya, seperti dilansir Indikasinews.

Menurut Dedy C Debuza, DM Humas dan Hukum PLN Wil Kalbar, biaya pekerjaan pemindahan tiang listrik memang dibebankan pada pemohon. “Hal ini karena berdasarkan tata usaha pelanggan tahun 1995. Di situ disebutkan pelanggan yang ingin mengajukan pemindahan tiang dapat mendaftarkannya dan mengajukan ke kantor PLN terdekat,” ujar Dedy.

Loading...