Dibanderol Harga Terjangkau, Tabung Reaksi Pyrex Kecil Sering Digunakan Untuk Penelitian

harga, tabung, reaksi, pyrex, kecil, diameter, penelitian, laboratorium, praktik, telur, nasi, kalori, telur, protein, wadah, kaca, plastik, test, tube, culture, reaksi, kimia, tahan, panas, api, besar, panjang, alat, eksperimenPeneliti meneteskan cairan ke dalam tabung reaksi

reaksi merupakan wadah yang terbuat dari sejenis kaca atau plastik. reaksi ada yang dilengkapi dengan tutup ada juga yang tidak. Selain dikenal dengan nama reaksi, juga sering disebut test tube atau culture tube.

Culture tube itu sendiri adalah tabung reaksi tanpa bibir yang digunakan dalam pembiakan mikroorganisme di medium cair. Kelebihan tabung reaksi ini dapat menahan perubahan temperatur dan tahan terhadap reaksi kimia.

Sesuai dengan fungsinya, tabung reaksi merupakan tempat di mana Anda bisa mereaksikan bahan kimia di laboratorium. Alat ini terbuat dari bahan kaca bening sehingga proses reaksi kimia di dalam tabung ini dapat terlihat jelas oleh . Tabung ini juga mempunyai sifat tahan terhadap panas/api.

Tabung reaksi tersedia dalam berbagai baik dari segi panjang dan diameternya. Sehingga, bisa dikategorikan ada tabung reaksi kecil dan besar. Jika Anda mencarinya di toko alat-alat kesehatan, mungkin akan menemukan tabung reaksi Iwaki Pyrex. Harga tabung reaksi termasuk terjangkau. Untuk kecil, tabung reaksi seharga Rp 7.500, dan ukuran besar kisaran harga Rp 8.500.

Seperti yang telah disebutkan, tabung reaksi biasanya ada di laboratorium dan digunakan sebagai alat eksperimen atau penelitian maupun praktik. Dapat dicontohkan pada pertemuan penelitian nasional American Chemical Society.

Penelitian itu menggunakan minyak kelapa dan kulkas untuk meneliti pemangkasan kalori sebanyak 60 persen pada nasi. “Dengan menguji 38 jenis beras berbeda dan menyimulasikan pencernaan manusia dalam tabung reaksi. Kami menyusun resep menurunkan kalori pada nasi,” ujar para .

Caranya adalah dengan mencampur beras yang akan dimasak dengan satu sendok minyak kelapa. Setelah matang, nasi akan disimpan dalam kulkas selama 12 jam. Hasilnya, cara ini berhasil menurunkan kalori sebanyak 60 persen dan dianggap aman bagi mereka yang sedang menjalankan diet.

Tidak hanya untuk penelitian menggunakan nasi, kelompok ilmuwan gabungan dari Amerika Serikat dan Australia memiliki cara untuk mengembalikan putih telur yang padat menjadi cair kembali seperti sebelum direbus.

“Kami telah menemukan cara untuk mengembalikan telur ayam rebus ke kondisi sebelum direbus. Kami mengembangkan sebuah alat untuk memisahkan protein yang campur aduk dan membuat protein bersatu kembali,” kata Gregory Weiss, dosen di University of California di Irvine, Amerika Serikat.

Seperti halnya banyak peneliti, Weiss berupaya mendaur ulang protein molekuler secara efisien. Protein semacam itu memiliki aplikasi yang luas, tapi kerap terangkai menjadi bentuk yang salah secara struktur, sehingga menjadi tidak berguna.

“Bukan berarti kami tertarik dalam pemrosesan telur. Hal itu sekadar mendemonstrasikan betapa kuatnya proses itu. Masalah utamanya adalah kita kerap menghabiskan banyak waktu untuk membuang protein itu dari tabung reaksi, dan Anda ingin memulihkan kembali itu,” ujar Weiss.

Loading...