Dibanderol Harga Ratusan Ribu Rupiah, Minyak Jafaron Sering Digunakan Dalam Ritual

Minyak Zafaron - (Sumber: mistikjawa.com)Minyak Zafaron - (Sumber: mistikjawa.com)

Minyak tanpa alkohol dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu alat ritual. Minyak ini memiliki wewangian khas yang efeknya dianggap mempunyai kekuatan magic. Tetapi, secara psikologis, minyak tersebut fungsinya sebagai jangkar emosi terhadap suatu pengalaman spiritual tertentu.

Minyak jafaron di dengan kisaran Rp 200.000 sampai Rp 300.000 per 5 cc. Minyak jafaron juga bermacam jenisnya, ada yang merah, putih, kuning (yellow). Minyak ini banyak dijual secara online.

Untuk keperluan spiritual, minyak tersebut juga bisa digunakan untuk menunda atau memindahkan hujan. Seperti yang dilakukan Abah Ipin, seorang pawang hujan yang kala itu terlihat di pertandingan sepak bola Persib Bandung melawan Arema FC Malang.

Abah Ipin bercerita bahwa dirinya tidak melakukan ritual khusus saat hendak melakukan pekerjaannya itu. Tetapi, memang ada beberapa syarat yang harus ada ketika ia hendak melakukan aksinya, yaitu garam dan minyak jafaron, menjadi syarat utama ritualnya.

“Abah mah saratnya cuma garam dan minyak jafaron yang dari Mekah terus dijampe-jampe dengan doa minta pertolongan kepada Allah, minta ke Gusti Allah mohon dilancarkan acara pada hari ini,” katanya.

Abah menjelaskan bahwa ia tidak memberhentikan hujan tersebut, tetapi memindahkan hujan ke daerah lain. Bahkan menurutnya, ia memindahkan hujan ke tempat yang membutuhkan air seperti perkebunan atau lahan kering, sehingga bermanfaat bagi orang lain.

“Bukan diberhentikan, tetapi dialihkan ke tempat yang butuh air, ke perkebunan yang kekeringan atau daerah yang seperti itu,” ujar Abah Ipin.

Minyak jafaron bisa saja digunakan oleh beberapa orang untuk niat yang tidak baik. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati. Seperti yang dialami oleh Andri Kosasih alias Dasim. Pria yang mengaku sebagai titisan Bung Karno ini mengklaim dirinya bisa menarik emas batang milik Presiden yang pertama tersebut secara gaib. Oleh karena itu, ia sempat memiliki 150 orang pengikut.

Kegiatan menemukan harta benda atau harta karun Bung Karno juga dilakukan oleh Suparman, warga Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Ia mengisahkan jika ritual tersebut bergantung dengan keinginan makhluk gaib penunggu harta karun tersebut.

“Ada yang menggunakan ayam cemani, minyak, bahkan ada juga yang minta air tujuh sumur. Ada juga yang disertai puasa mutih (hanya makan nasi),” katanya.

“Katanya di sana ada peti harta karun berisi emas batangan milik Bung Karno. Dan saya harus mengganti ‘mas kawin’ berupa ayam cemani serta minyak jafaron yellow yang harganya lumayan mahal,” tutur Suparman.

Selain minyak jafaron yellow (kuning), ada lain yang diklaim dapat memberikan manfaat, yaitu minyak jafaron merah. Minyak ini dianggap memiliki wangi berbeda dengan minyak wangi pada umumnya. Minyak tersebut dianggap memiliki yang pedas, sehingga dinilai mampu membangkitkan stamina dari penggunanya.

Loading...