Dibanderol Harga Mulai Rp 6 Ribuan, Roti ‘Jadul’ Tan Ek Tjoan Tetap Banyak Peminat

harga, roti, tan, ek, tjoan, jadul, di, toko, roti, bogor, jakarta, pembeli, coklat, gamblang, kaki, kuda, abon, coklat, teddy, bear, jenis, taburan, wijen, kawasan, uang, dagang, pelanggan, modernGerobak penjual Roti Tan Ek Tjoan (instagram: @vincentius_kuori)

jadul Tan Ek Tjoan tetap bisa Anda nikmati hingga saat ini. Berada di kawasan Bogor, Tan Ek Tjoan dikenal hingga ke Ibu Kota. Pada mulanya, toko ini berlokasi di Grootepost weg (kini bernama Jalan Suryakencana). Namun seiring berjalannya waktu, Tan Ek Tjoan berpindah lokasi ke Jalan Siliwangi, Bogor Selatan.

Terkenalnya roti jadul itu hingga ke Jakarta dikarenakan menjual roti tersebut menggunakan gerobak roti ke area Ibu Kota. Tidak heran apabila roti Tan Ek Tjoan tidak asing di telinga masyarakat Ibu Kota.

Salah satu penjual roti tersebut adalah Aa. Ia mengaku sudah puluhan tahun berjualan roti Tan Ek Tjoan. Ia memilih setia berjualan roti dengan merk tersebut karena kualitas roti yang dinilai bagus dan rasanya yang . “Pokoknya tidak terhitung, mulai dari anak saya dua sampai anak saya lima dan sekarang udah pada nikah semua. Ya, ada kali bangsa 40 tahun,” ujar Aa.

Menurutnya, dulu ketika masa jaya roti yang sudah ada sejak 1921 tersebut, ia biasa berkeliling ke kawasan Kwitang-Poncol-Taman Ismail Marzuki (TIM). Namun begitu toko roti mulai menjamur, pelanggannya mulai berkurang, ia pun berdagang hanya di satu tempat saja, yaitu depan TIM.

“Pembeli biasanya bermobil, ada juga yang naik motor. Sekarang di sini yang beli ada aja. Kalau dulu kan keliling langganannya ya ada, saya nganterin ke tempat langganan juga,” tambah pria yang memiliki 5 anak perempuan tersebut.

Roti Tan Ek Tjoan ini dijual dengan Rp 6.000-Rp 7.000. Aa mengaku tidak menaikkan apabila pembelinya bermobil, justru biasanya ia mendapat uang lebih dari pembeli itu. “Biasanya malah mereka gak ambil uang kembalian. Ya, misal ada kembalian berapa, mereka bilang ‘udah ambil aja Pak kembaliannya’,” ujarnya.

Lebih lanjut Aa mengatakan bahwa dirinya sudah mulai keluar untuk menjajakan roti sejak pukul 14.00 WIB sampai pukul 22.00-23.00 WIB. Pria asal Bogor ini tinggal di sebuah kontrakan kawasan Kwitang bersama para penjual roti Tan Ek Tjoan lainnya.

Pria berusia 65 tahun ini mengungkapkan jika roti gambang sedang hits dan paling banyak diburu oleh para penjaja roti. Meskipun teksturnya lebih keras, namun ternyata roti berwarna coklat gelap dengan taburan wijen di atasnya ini diminati banyak orang.

Selain bisa menikmati roti yang dibeli di penjaja roti seperti Aa, juga bisa menikmati roti langsung di tokonya. Nuansa toko yang terletak di Jalan Siliwangi itu kental dengan nuansa tempo dulu. Toko roti itu tetap mempertahankan etalase kaca berdesain sederhana untuk menjajakan aneka menu roti dan . Meski tak memiliki banyak spot foto yang Instagramable, namun Tan Ek Tjoan tetap memberikan kesan yang nyaman.

Aneka jenis roti disajikan di toko itu, mulai dari roti gambang, roti kaki kuda hingga roti yang dikreasikan lebih modern, yaitu roti abon, roti coklat, dan roti teddy bear yang dibanderol mulai dari harga Rp 8 ribu sampai Rp 11 ribuan.

Loading...