Dianggap Miliki Kelebihan Sebagai Alat Pembayaran, Pengguna Jakcard Dapat Lakukan Beberapa Transaksi

kelebihan, jakcard, kartu, produk, bank, dki, taman, ragunan, sistem, pembelian, tiket, non, tunai, kesulitan, menggunakan, pendaftaran, pulsa, top, up, merchant, alfamart, pihak, kerja, sama, masyarakat, praktis, transaksi, isiJakCard, kartu pembayaran nontunai untuk berbagai jenis transaksi (instagram: @ahmadyulianto)

Berbelanja tidak perlu membawa uang tunai? Atau, membayar naik kendaraan umum dengan kartu? Setidaknya itu bisa dilakukan oleh warga Jakarta. Masyarakat setempat bisa memanfaatkan JakCard. Apa itu JakCard?

JakCard diterbitkan oleh Bank DKI. Kartu itu merupakan kartu pintar (prepaid smartcard) yang berfungsi sebagai alat untuk berbagai di -merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI. Dengan menggunakan contactless-chip, Anda cukup mendekatkan JakCard pada mesin pembaca (contactless card reader).

Kartu perdana JakCard dapat dibeli di kantor layanan Bank DKI tertentu serta merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI dan mempunyai logo ‘JakCard’. Bagi nasabah Bank DKI, agar bisa mendapatkan JakCard, dimulai dengan mengisi form registrasi kartu JakCard. per kartu perdana JakCard adalah Rp 20.000 (selama masa promosi, syarat dan ketentuan berlaku).

Saat pembelian kartu perdana JakCard, Anda dapat melakukan registrasi kartu sebagai bukti kepemilikan kartu sebagaimana prosedur registrasi sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Bank DKI.

Apabila kartu telah habis, Anda bisa melakukan isi ulang (top up) kartu JakCard. Pemilik kartu JakCard dapat melakukan isi ulang (top up) di kantor layanan Bank DKI tertentu serta merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI dan mempunyai logo ‘JakCard Top Up’.

Anda juga dapat melakukan cek saldo kartu JakCard di kantor layanan Bank DKI tertentu serta merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI dan mempunyai logo ‘JakCard Top Up’. Untuk layanan informasi dan keluhan mengenai kartu JakCard, Anda dapat menghubungi Call Center Bank DKI di nomor (021) 500-351.

Dalam memasarkan JakCard, Bank DKI menjalin kerja sama dengan jaringan Alfamart di wilayah Jabodetabek. Direktur Bisnis Bank DKI Antonius Widodo Mulyono mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan bentuk dukungan Bank DKI untuk mewujudkan less cash society di Jakarta.

kelebihan, jakcard, kartu, produk, bank, dki, taman, ragunan, sistem, pembelian, tiket, non, tunai, kesulitan, menggunakan, pendaftaran, pulsa, top, up, merchant, alfamart, pihak, kerja, sama, masyarakat, praktis, transaksi, isi

Salah satu transaksi nontunai menggunakan JakCard (instagram: @kcppasarindukkrjati)

“Penggunaan JakCard pada Alfamart diharapkan akan mendorong peningkatan jumlah pengguna JakCard,” kata Direktur Bisnis Bank DKI Antonius Widodo Mulyono.

Menurut Antonius, saat ini JakCard dan kartu ATM Bank DKI bisa dipergunakan di 102 gerai Alfamart dan selanjutnya akan dikembangkan di lebih dari 4.000 gerai Alfamart di Jabodetabek. Pemegang uang elektronik JakCard juga bisa melakukan isi ulang (top up) di Alfamart.

Salah satu kelebihan yang bisa dirasakan oleh pengguna kartu adalah ketika berbelanja di Alfamart, nasabah Bank DKI hanya perlu membawa JakCard dan ATM Bank DKI sebagai pengganti uang tunai untuk bertransaksi. Dengan menggunakan kartu, maka akan dapat mendukung transaksi cashless. JakCard juga bisa didapatkan pada kantor layanan Bank DKI, halte Transjakarta, serta merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI.

“Selain JakCard Bank DKI, nasabah Bank DKI pemegang kartu ATM, kartu ATM Combo, dan pemegang Kartu Jakarta Pintar juga bisa melakukan transaksi di Alfamart,” kata Antonius.

Kelebihan JakCard lainnya adalah saat ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di kawasan wisata Monumen Nasional, Taman Margasatwa Ragunan, Museum Seni dan Keramik, pembayaran parkir meter dan Transjakarta. Per Juli 2017, JakCard Bank DKI telah tersebar sebanyak 767 ribu kartu.

Selain JakCard, Bank DKI juga memiliki produk yang bernama ATM Bank DKI Combo. Kartu ATM Bank DKI Combo merupakan kartu JakCard (prepaid) yang terintegrasi dengan ATM Bank DKI sehingga selain bisa dipergunakan untuk pembayaran tiket TransJakarta, juga bisa digunakan untuk fungsi kartu ATM pada lazimnya.

ATM Bank DKI Combo juga dapat dipergunakan sebagai uang elektronik untuk pembayaran e-ticketing parkir badan jalan (parkir meter), Taman Margasatwa Ragunan, Museum Seni dan Keramik serta Monumen Nasional.

Pada awal tahun 2017, PT Bank DKI memperpanjang kegiatan registrasi dan aktivasi ATM Bank DKI Combo yang bisa digunakan untuk naik TransJakarta gratis. Perpanjangan registrasi dan aktivasi ATM tersebut hingga Maret 2017. Hal ini dalam rangka peningkatan pelayanan kepada warga Jakarta khususnya pengguna TransJakarta.

kelebihan, jakcard, kartu, produk, bank, dki, taman, ragunan, sistem, pembelian, tiket, non, tunai, kesulitan, menggunakan, pendaftaran, pulsa, top, up, merchant, alfamart, pihak, kerja, sama, masyarakat, praktis, transaksi, isi

Suasana pelayanan di kantor Bank DKI (instagram: @gadisjakabankdki)

Corporate Secretary Bank DKI, Zulfarshah mengatakan, “Agar lebih menjangkau pengguna TransJakarta, Bank DKI merelokasi sebagian outlet registrasi dan aktivasi kartu ATM Bank DKI Combo untuk layanan TransJakarta gratis,” ucapnya.

“Relokasi ini akan kami fokuskan ke titik-titik strategis seperti Gedung Balaikota, Kantor Walikota dan Kantor Dinas Perhubungan Jatibaru,” tambah Zulfarshah.

Pembukaan outlet pelayanan pendaftaran Transjakarta gratis ini bertujuan untuk mendukung aktivitas masyarakat serta memberikan kemudahan untuk mendapatkan jasa transportasi yang aman, nyaman dan murah khususnya bagi Provinsi .

Walaupun sudah dicoba diperkenalkan oleh pemerintah ke masyarakat, tetapi mungkin ada beberapa orang yang belum terbiasa menggunakan e-money (electronic money) seperti JakCard. Seperti yang terjadi di Taman Margasatwa Ragunan. Pihak Ragunan tidak lagi melayani pembelian tiket manual. Sebagai gantinya, sistem pembelian tiket dilakukan secara non-tunai dengan memakai kartu JakCard.

Salah seorang wisatawan, Erna, mengatakan bahwa dirinya merasa kesulitan menggunakan sistem non-tunai. “Lebih rumit dari yang biasa, apalagi kalau kartunya tertinggal, harus beli kartu baru,” tuturnya.

Meski demikian, pengelola Taman Margasatwa Ragunan membantah jika sistem ticketing non-tunai menggunakan JakCard dianggap sebagai prosedur yang rumit. Sebaliknya, pihak Ragunan mengatakan bahwa dengan sistem non-tunai, masyarakat akan merasa jauh lebih praktis dalam bertransaksi di loket masuk.

“Seharusnya masyarakat tidak merasa rugi dan rumit ya, karena kartu Jakcard ini berlaku seumur hidup selama tidak rusak, selain itu bisa juga digunakan di tempat-tempat wisata lain di Jakarta seperti museum-museum,” ujar Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Dina Hemawati.

Loading...